Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat berfoto bersama peserta usai mengikuti Lomba Masak Aneka Olahan dari Ikan dan Budikdamber di Gedung PKK Provinsi Jabar, Senin, 8/11/2021. Kabupaten Ciamis berjaya menjadi juara 1 pada lomba tersebut.

Bandung,- Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis sukses menjadi juara 1 pada 2 Grand Final Lomba TP-PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Gedung PKK Provinsi Jawa Barat, Senin, 08/11/21.

Kategori pertama, TP PKK Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 Lomba Memasak Aneka Makanan Olahan dari Ikan.

Tim Juri Lomba masak ikan yang dipimpin Chef Rochendi dibantu Chef Theodorus dan Ibu Susi selaku ahli gizi memutuskan Olahan Makanan dari TP PKK Kabupaten Ciamis menjadi yang terbaik mengalahkan Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab Cirebon, Kab Majalengk, Kota Cimahi
dan Kota Cirebon.

Sebagai peserta dari TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Lia David dari PKK Kabupaten dan Ny Yani Kusmayani dari PKK Kec. Ciamis menampilkan menu olahan ikan untuk Balita berupa “Bunny Lekker” yaitu burger lele dan kentang bakar saos semur.

Untuk menu kudapan berupa “Si Gulle” yakni singkong gulung lele saos galendo. dan menu makan siang untuk keluarga berupa “Lekuk Si Manis” yaitu lele kriuk asam manis, dengan asinan buah dan urap talas.

Kategori kedua, TP PKK Kabupaten Ciamis menjadi Juara 1 untuk lomba Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber).

Untuk peserta Budikdamber oleh Ny. Iis selaku Ketua Kelompok Budikdamber Campernik dari Desa Kertaharja Kecamatan Panumbangan Ciamis berhasil meyakinkan para juri melalui ekspose Budikdamber tingkat provinsi nya.

Tim juri Lomba Budikdamber yang diketuai Atalia Praratya selaku Ketua Forikan Jawa Barat, ibu Herni selaku Ketua Harian Forikan Jabar dan Pokja 3 TP PKK Jabar memutuskan Ekspose Budikdamber TP PKK Kabupaten Ciamis menjadi Juara 1 diikuti oleh Kab. Kuningan juara 2 dan Kota Cimahi juara 3.

Atas keberhasilannya, TP PKK Kabupaten Ciamis selain mendapatkan Piala dan Piagam Penghargaan, juga mendapatkan uang pembinaan dari TP PKK Provinsi Jawa Barat.

Lomba ini sendiri dilakukan dengan melalui 2 tahapan, pertama tahapan kualifikasi dimana TP-PKK Kabupaten Ciamis bersaing dengan 27 kabupaten kota lain se Jawa Barat secara online dan selanjutnya untuk Grand Final dilaksanakan secara offline di Bandung.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melalui akun media sosialnya mengucapkan Selamat kepada ibu ibu tim Penggerak PKK Kab. Ciamis yg telah memenangkan lomba masak Ikan dan BUDIKDAMBER (Budidaya ikan dalam ember) tingkat Prov. Jabar.

“Ciamis mendapatkan juara 1 di dua kategori tersebut.” Ujarnya.

“Memang ya ibu ibu Ciamis itu jago masak, masakannya juga enak, makanya bapak-bapak betah dirumah apalagi masakannya istri.” Imbuhnya.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat menyambut gembira atas peraihan 2 kemenangan lomba TP-PKK Kabupaten Ciamis tingkat Provinsi Jawa Barat ini.

“Kami merasa gembira atas kemenangan TP-PKK Kabupaten Ciamis yang telah berhasil meraih 2 tropi juara Budikdamber dan Lomba Masak serba Ikan ini.” Ujarnya.

“Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan perjuangan TP-PKK Kabupaten Ciamis serta seluruh pihak yang ikut mendukung keberhasilan lomba ini.” Imbuhnya.

Terakhir ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis mengatakan keberhasilam lomba ini merupakan bagian kegiatan 10 program yang dilaksanakan oleh seluruh kader PKK di semua tingkatan dengan sebaik-baiknya.” Tutupnya.

Diskominfo Ciamis

Share This :