Sekda Ciamis, H. Tatang membuka Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Pemkab Ciamis dan PWI Ciamis serta Dewan Pers di Aula PGRI, Selasa, 28/12/2021.

CIAMIS,- Mewakili Bupati Camis, Sekretaris Daerah Dr. H. Tatang M.Pd membuka secara resmi kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2021.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemkab Ciamis yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ciamis dan Dewan Pers bertempat di Aula PGRI pada Selasa (28/12/2021).

Dengan mengusung tema “Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan”. Kegiatan tersebut merupakan kali ke dua dilaksanakan di Ciamis, dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Ciamis Tahun 2021.

Diketahui, kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh sebanyak 25 peserta (wartawan) yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh panitia penyelenggara.

Dalam sambutanya, Sekretaris Daerah mengatakan Uji kompetensi wartawan merupakan proses penjaringan dan penyaringan para insan pers yang punya jiwa profesional, sehingga dapat terpenuhinya standarisasi profesi wartawan.

“Dengan dilaksanakannya uji kompetensi wartawan ini saya berharap ada output yang memberikan dampak lebih positif untuk membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi, baik informasi pelayanan maupun keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan,” Ucapnya.

Beliau berharap kegiatan UKW ini dapat secara kontinyu dilaksanakan setiap tahun, sehingga wartawan mampu memberikan tulisan-tulisan terbaik dan sesuai dengan kode etik wartawan yang berlaku, bersikap profesional, dan tidak menyalahgunakan profesi.

“Kepada para penguji saya ucapkan selamat melaksanakan tugas dan kepada para peserta, semoga sukses dan lulus mengikuti uji kompetensi ini,” ungkapnya.

Terakhir Sekda mengingatkan kepada peserta tentang pentingnya protokol kesehatan di era pandemi Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan wartawan yang telah membantu mensosialisasikan program vaksinasi, saya berharap rekan-rekan wartawan bisa terus mendukung serta menyukseskan semua program-program pemerintah,” Pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan PWI Jawa Barat Ahmad Sukri menyampaikan UKW ini dibuat oleh Dewan Pers sebagai standar untuk mengukur profesionalisme wartawan dengan materi uji berupa kemampuan, keahlian, keterampilan, attitude dan lainnya.

“Tujuannya Dewan Pers dan PWI ingin mengajak wartawan seluruh Indonesia agar berada di trek yang benar sehingga wartawan bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,” Ucapnya.

Beliau melaporkan untuk di Jawa Barat sendiri terdapat 1200 anggota PWI dengan 800 anggota diantaranya sudah mengikuti UKW.

Turut hadir Perwakilan PWI Jawa Barat, Ketua PWI Ciamis, Unsur Forkopimda dan Perwakilan SKPD terkait.

DISKOMINFO CIAMIS
Sumber Prokopim

Share This :