CIAMIS, – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri rapat koordinasi High Level Meeting se Priangan Timur bertempat di Gedung Banjar Convention Hall kota Banjar, Rabu (23/02/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya dalam upaya pemulihan ekonomi kaitanya dengan proyek investasi potensial di setiap Kabupaten Kota di Priangan Timur.

Tema yang diusung dalam rakor tersebut yaitu “Dedikasi dan Sinergi Pemulihan Ekonomi Priangan Timur” dengan diikuti oleh para Kepala Daerah Se-priangan Timur seperti Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis.

Wabup Ciamis dalam paparannya menyampaikan Kabupaten Ciamis merupakan penyumbang terbesar dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) baik di sektor pertanian, kehutanan dan perikanan yang didukung oleh peternakan ayam Ras dan sapi potong.

“Populasi ayam ras tersebar di seluruh kecamatan dengan populasi tinggi lebih dari 5 juta ekor berada di 9 Kecamatan, adapun populasi sapi potong tersebar di seluruh kecamatan dengan populasi tinggi lebih dari 1.200 ekor berada di Kecamatan Rancah dan Tambaksari, ” Ucapnya.

Wabup mengatakan Ciamis merupakan sentra ayam Ras terbesar kedua di Jawa Barat dan nasional, dengan populasi ayam pedaging 105,8 juta ekor per tahun dengan 85% nya di pasarkan ke luar Ciamis.

“Saat ini investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan produksi ayam Ras pedaging adalah teknologi pengolahan pasca panen skala besar dan penambahan cold storage, ” terangnya.

Menurutnya, adanya populasi ayam ras pedaging memiliki dampak positif bagi masyarakat dan perkembangan wilayah, salah satunya dengan peningkatan penyerapan tenaga kerja.

Selanjutnya, Wabup menerangkan guna mendukung pengembangan potensi peternakan, pihaknya telah merencanakan pengembangan jaringan Jalan Lingkar Utara Ciamis dan jalur Tengah Selatan yang terkoneksi dengan rencana pembangunan jalan tol Bandung-Cilacap.

“Rencana tersebut tertuang dalam peraturan presiden Nomor 87 tahun 2021 tentang pengembangan kawasan Rebana dan Jabar Selatan, ” Ujarnya.

Wabup berharap BI dapat mendukung potensi yang ada di Kabupaten Ciamis, terutama pengembangan potensi di bidang peternakan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Launching Program Desa Digital di Kota Banjar yang diresmikan langsung oleh Hj. Ade Uu Sukaesih selaku Walikota Banjar.

Turut hadir Kepala BI Tasikmalaya, Kepala Kantor OJK Tasikmalaya, Para Kepala Daerah se Priangan Timur dan tamu undangan lainya.

Diskominfo Ciamis
Sumber Prokopim

Share This :