CIAMIS, – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra memberikan arahan dalam acra Rapat Koordinasi (Rakor) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang dilaksanakan di Wisata Alam Pinus Batu Cakra Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng, Selasa (29/03/2022).

Dalam arahannya, Wabup Ciamis memaparkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia dan Laju Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Ciamis pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Dikatakannya, TKSK sebagai relawan kesejahteraan sosial di tingkat Kecamatan memiliki peran dalam pencapaian angka-angka indikator tersebut.

“Peran strategis TKSK tadi tentunya membutuhkan kebijakan secara umum yang bisa betul-betul berpihak kepada masyarakat dan kebijakan itu yang menjadi dasar utamanya adalah data, ” Ucap Wabup.

Oleh karenanya, Ia berharap TKSK dapat seobjektif mungkin dalam melaksanakan pendataan.

“Kebijakan kami di tingkat kabupaten maupun Gubernur di tingkat provinsi dan presiden di tingkat pusat tergantung dari data yang disampaikan bapak ibu semua, ” Ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Wabup, salah satu peran dari TKSK yaitu melakukan pemetaan data penyandang masalah kesejahteraan.

“Berdasarkan yang disampaikan Kadinsos tadi terdapat 26 item masyarakat yang bisa disebut atau masuk kategori dalam penyandang masalah data jadi masalah data bisa disebut sebagai ujung tombak,” Jelasnya.

Wabup berharap kedepan antara TKSK dan Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui dinas sosial harus terus bersinergi untuk penyelenggara sosial di Kabupaten Ciamis yang lebih baik.

“Sehingga tingkat kemiskinan, pengangguran, dan daya beli masyarakat di Kabupaten Ciamis bisa sesuai dengan target, sehingga masyarakat lebih sejahtera sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi Bupati Ciamis, ” Pungkasnya.

Diskominfo Ciamis
Sumber Prokopim

Share This :