CIAMIS, – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Ciamis tahun anggaran 2021.

Jawaban Bupati Ciamis tersebut disampaikan dalam rapat Paripurna DPRD Ciamis yang dilaksankan secara virtual bertempat di Aula Sekretariat Daerah, Kamis (31/03/2022).

Turut hadir mendampingi Bupati Ciamis, Wakil Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah serta para Kepala Bagian terkait lingkuo Setda Ciamis.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis mengatakan secara umum pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2021 telah mengarah pada pencapaian visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD tahun 2019 – 2024.

Hal tersebut ditunjukan dengan capaian indikator makro daerah yang lebih baik dari tahun sebelumnya yaitu indeks pembangunan manusia, laju pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengannguran
terbuka.

“Namun demikian kondisi pandemi ini masih berdampak pada beberapa capaian indikator makro diantaranya terjadi peningkatan angka kemiskinan,” Ucap Bupati.

Hal tersebut diterangkan Bupati menjadi tantangan untuk lebih meningkatkan kinerja pencapaian pembangunan di Kabupaten Ciamis dengan terus melakukan berbagai inovasi.

“Berkenaan dengan capaian pendapatan daerah tahun 2021 telah dilakukan upaya secara optimal dalam peningkatan fiskal daerah, ” Ungkapnya.

Selanjutnya, dikatakan Bupati dalam hal kebijakan belanja daerah pengelolaannya telah diarahkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang dilakukan secara transparan profesional dan akuntabel.

“Pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan proporsi belanja daerah untuk belanja program Prioritas pembangunan dalam rangka mendukung akselerasi peningkatan ekonomi masyarakat serta terus berupaya dalam pengembangan kompetensi dan peningkatan kinerja, ” Paparnya.

Terakhir, diterangkan Bupati pembangunan infrastruktur daerah perbatasan menjadi prioritas dan telah dilaksanakan secara bertahap seperti pembangunan Jalan yang menghubungkan dengan Kabupaten sekitar, pembangunan Pasar dan lain sebagainya.

Diskominfo Ciamis
Sumber Prokopim

Share This :