CIAMIS, – Pemkab Ciamis mengikuti acara peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-26, Tingkat Nasional melalui virtual bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Senin (25/04/2022).

Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-26 tersebut, mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Wujudkan ASN Yang Proaktif, Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045,”

Kegiatan diikuti oleh Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia. Sementara untuk Kabupaten Ciamis sendiri diikuti oleh Sekretaris Daerah, Para Asisten Daerah beserta jajaran Forkopimda.

Mewakili Menteri Dalam Negri, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dalam sambutannya menyampaikan otonomi akan menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumberdaya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mengacu percepatan pembangunan daerah.

“Setelah 26 tahun otonomi telah memberi dampak yang positif salah satunya dibuktikan dengan percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia, ” Ucapnya.

Ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan diharapkan dapat mendukung pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Untuk daerah yang PAD nya masih rendah agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta pendapatan kas daerah tanpa melanggar hukum dan norma yang ada, ” Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan launching 2 Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual Otonomi Daerah (Kovi Otda) oleh Sekretaris Jendral Kemendagri Suhajar Diantoro.

Sistem SI LPPD dan KOVI Otda merupakan 2 sistem daring yang dibuat untuk mempermudah penyelenggaraan daerah.

Sumber Prokopim Ciamis

Share This :