Ciamis,- Pelatihan Kepemimpinan Kepala Desa di Lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun 2022 di buka secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Alua BKPSDM Kabupaten Ciamis pada Selasa, 31/05/22.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang telah terpilih pada pilkades serentak beberapa waktu lalu.

“Ini adalah langkah awal Bapak Ibu dalam mengabdi kepada masyarakat.” Buka Bupati Herdiat saat membuka sambutannya

“Setelah dilantik Bapak Ibu harus siap berlari semata- mata melayani dan mengabdi kepada masyarakat yang merupakan tugas dan fungsi bapak ibu sekalian.” Lanjut Bupati Ciamis

Bupati Herdiat bersyukur pada saat ini masyarakat sanagat antusias dalam mencalonkan diri sebagai calon kepala desa, hal ini sangat berbeda dengan 30 tahun yang lalu dimana sangat sulit mencari masyarakat yang mau mencalonkan diri.

Bupati menjelaskan kondisi sebagai kepala desa saat ini sangat berbeda perlu kehati- hatian dan ketelitian sangat diperlukan mengingat seluruh masyarakat memantau, sehingga ketaatan serta kepatuhan terhadap aturan harus dilaksanakan.

Bupati berpesan agar para kepala desa tidak terlibat dalam masalah hukum dan betul-betul tertib dalam beradministrasi.

Bupati Herdiat lebih jauh menjelaskan hal ini dikarenakan saat ini administrasi merupakan hal yang sangat penting dan masih menjadi kelemahan di sejumlah wilayah sehingga diharapkan para Kades mampu menguasai administrasi dengan baik.

Bupati meminta kepada para kepala desa untuk meningkatkan SDM aparatur perangkat desa nya masing-masing dalam menghadapi tantangan jaman serta dalam upaya melayani masyarakat

Terakhir Bupati Herdiat meminta kedisiplinan dalam menjalankan tugas sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai target yang telah ditentukan.

“Hari ini sudah 116 desa mandiri atau sudah setengah dari jumlah desa di Kabupaten Ciamis dan saya sangat mengapresiasi kinerja dan pengabdian para kepala desa yang mampu menaikan statusnya.” Ungkap Bupati Herdiat

Bupati juga mengingatkan para kepala desa untuk dapat menjalankan visi misi kepala desa yang telah disampaikan kepada masyarakatnya masing-masing, mengingat batas waktu menjabat yang hanya 6 tahun sehingga harus memiliki target.

“Intinya mari kita bersama-sama menata dan membangun Ciamis dengan kolaborasi agar lebih maju dan berkembang lagi.” Tutup Bupati

Sementara itu Kadis PMD Ape Ruswandana dalam laporan acara melaporkan bahwa pelatihan kepemimpinan kepala desa ini adalah dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap 76 kepala desa yang baru dilantik ditambah 2 desa yang mengikuti pelatihan sehingga total jumlah kepala desa menjadi 78 dalam pengelolaan pemerintahan desa.

“Dalam pelatihan ini dilakukan pelatihan dalam hal penguasaan teknologi, informasi dan digitalisasi dalam menuju desa digital.” Ungkap Kadis PMD

Diskominfo Ciamis

Share This :