CIAMIS, – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri pesta rakyat peringatan HUT RI ke 77 di Dusun Garahang Desa Tanjungmulya Panumbangan, Sabtu (20/08/2020).

Kegiatan tersebut diisi dengan penampilan kreasi seni seperti pencak silat, dan berbagai macam lomba kreasi seni lainya seperti seni mural pada tembok atau bangunan rumah masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Wabup Ciamis mengatakan sangat mengapresiasi atas inovasi dan kreasi warga masyarakat Dusun Garahang dalam menyambut HUT RI ke 77.

Ia juga menegaskan, agar perayaan ini jangan hanya dijadikan sebagai seremonial semata, melainkan untuk membangkitkan semangat bangsa melanjutkan perjuangan pahlawan terdahulu dalam mengisi kemerdekaan.

“Perayaan kemerdekaan ini tak hanya sekadar seremonial saja, tapi untuk mengenang jasa para pahlawan dan melanjutkan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan dengan sungguh- sungguh,” Ucapnya.

Selanjutnya, Wabup mengatakan di usia kemerdekaan yang ke 77 ini hendaknya juga dijadikan momentum untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid 19 yang telah berdampak pada seluruh sektor kehidupan.

“Dua tahun sudah kita tidak melaksanakan perayaan kemerdekaan akibat pandemi, hal itu karena kegiatan kemasyarakatan dibatasi akibat pandemi,” Ujarnya.

“Mudah-mudahan di usia kemedekaan yang ke 77 ini Covidnya bisa hilang dan kehidupan masyarakat bisa lebih baik, ” Harapnya.

Dijelaskan Wabup, Covid 19 telah berdampak pada banyak faktor termasuk pada APBD sehingga berefek pada terjadinya keterlambatan dalam pembangunan.

“Akibat pandemi covid 19 ini kita mengalami keterlambatan pembangunan, salah satunya karena adanya refocusing anggaran oleh pemerintah pusat, ” Terangnya.

Beliau berharap seiring melandainya kasus Covid 19 saat ini pembangunan di Kabupaten Ciamis setahap demi setahap kembali dilaksanakan.

Oleh karena itu, Wabup mengingatkan masyarakat untuk menggiatkan kembali pelaksanakan vaksinasi dosis 3 atau booster sebagai upaya dalam melawan pandemi Covid 19.

“Vaksinasi adalah sebagai bentuk ihtiyar lahiriyah kita, ihtiyar bathiniyah kita juga harus ditingkatkan yaitu berdo’a memohon perlindungan kepada Allah SWT,” Pungkasnya.

SUMBER PROKOPIM CIAMIS

Share This :