KABUPATEN CIAMIS,- Pemuda asal Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis Samsul Zuhri berhasil mengharumkan Pemkab Ciamis melalui prestasi yang ditorehkannya pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Pengumuman penghargaan tersebut diumumkan secara resmi pada rangkaian Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-77 tahun 2022 di Lapang Gasibu Bandung yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Jum’at, 19/08/22.

Prestasinya tersebut berhasil menyisihkan para pesaing lainnya dari kabupaten dan kota se-Jawa Barat berkat inovasi TTG yang diciptakannya berupa “Alat Perontok Padi Minimalis dan Portable”.

Dari hasil tersebut Samsul Zuhri berhasil meraih piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Sebagai informasi, kegiatan lomba tersebut berdasar pada surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat nomor: 1005/PMD.05.04/PPD tanggal 11 Mei 2022 hal Undangan Kegiatan Pembinaan Pengembangan Inovasi Desa yang dilaksanakan pada Hari Rabu – Kamis tanggal 18 – 19 Mei 2022 bertempat di Hotel Harmoni Garut, yang salah satu hasilnya didapat informasi akan diadakannya Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Tingkat Provinsi Tahun 2022 pada bulan Juli 2022, diharapkan Kabupaten/Kota dapat mengirimkan perwakilannya untuk Lomba dimaksud.

Berikutnya yaitu berdasar pada Surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat nomor: 1913/PMD.05.04/PPD tanggal 19 Juli 2022 hal Pemberitahuan Lomba TTG Tingkat Provinsi Tahun 2022, yang dilaksanakan pada Hari Selasa, Rabu dan Kamis tanggal 26, 27 dan 28 Juli 2022 bertempat di Grand Sunshine Resort & Convention Jalan Raya Soreang no.06 Pamekaran Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Kegiatan dilaksanakan secara estafet hari pertama lomba TTG Kategori Inovasi, hari kedua lomba Posyantek dan hari ketiga lomba TTG kategori Unggulan, Kabupaten Ciamis mengirimkan masing-masing satu utusan dari ketiga kategori yang dilombakan.

Terakhir yaitu berdasar pada Surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat nomor: 2201/PMD.01/BINDES tanggal 18 Agustus 2022 hal Undangan, surat tersebut ditujukan kepada Bupati Ciamis yang menyampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2022 Tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa Tahun 2022, serta kegiatan penyelenggaraan Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, bahwa Peserta Lomba TTG utusan dari Kab.Ciamis mendapatkan penghargaan dan menjadi pemenang juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.
Sumber: Dinas PMD Kab. Ciamis

Diskominfo Ciamis

Share This :