CIAMIS, – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengapresiasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Sukajaya Kecamatan Rajadesa oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Apresiasi tersebut disampaikan Wabup saat memimpin apel fasilitasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS) yang digelar di Lapangan Desa Sukajaya Rajadesa, Jum’at (02/09/2022).

Diketahui, Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat untuk merubah pola pikir dan pola tindak masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada tim Kementerian Sosial RI yang sudah memfasilitasi pembentukan Kampung siaga bencana dan Tagana masuk desa di Tatar Galuh Ciamis,” Ucap Wabup.

Menurutnya, Tatar Galuh Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana di provinsi Jawa Barat sehingga wujud partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana mutlak diperlukan.

“Wujud partisipasi masyarakat tersebut adalah kesiapsiagaan mereka terhadap segala sesuatu yang dilakukan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, ” Terangnya.

Dikatakan Wabup, untuk menciptakan kondisi siaga tersebut masyarakat perlu dibekali serangkaian pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan bencana dan salah satunya adalah melalui pembentukan KSB dan TMS.

Beliau berharap dengan adanya KSB tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan berbagai kegiatan pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana.

“Kita semua berharap mudah-mudahan dengan telah dibentuknya KSB ini dijadikan momentum untuk memotivasi kita semua untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan meluaskan jangkauan wilayah siaga bencana di Tatar Galuh Ciamis, ” Harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Ciamis menyerahkan isi lumbung sosial dari Kementrian Sosial sebesar Rp 146.851.210 kepada pengurus KSB Rajadesa.

Acara di lanjut dengan menyaksikan Simulasi Ketika terjadinya bencana secara bersama -sama.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :