CIAMIS, – Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan pemerintah yabg efektif dan efisien, Pemkab Ciamis melalui Diskominfo melaksanakan kegiatan ekspose aplikasi Ciamis Sadata bertempat di Aula Sekretariat Daerah, senin (12/09/2022).

Aplikasi tersebut terdiri dari E-Office Kabupaten, E-Office Desa serta aplikasi Ciamis Sadata.

Sekretaris Daerah, H. Tatang dalam arahannya menyampaikan kondisi global saat ini mengakibatkan berbagai perubahan serta dampak yang luar biasa atau yang sering disebut dengan era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity).

“Era VUCA ini artinya dunia yang kita hidupi sekarang, di mana perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif, ” Ucapnya.

Sekda melanjutkan dampak kondisi global tersebut telah berefek ke dalam bidang pemerintahan sebagai konsekuensi dari permasalahan yang hadir di tengah masyarakat.

“Kegiatan ekspose ini sebagai bentuk inovasi kita pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan misi kelima Kabupaten Ciamis yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan, ” Terangnya.

Menurutnya, kehadiran aplikasi atau alat bantu tersebut dapat menunjang aparatur untuk meningkatkan, tidak hanya,
efektivitas melainkan juga efisiensi kinerjanya.

“Melalui E-Office kita tidak hanya memiliki kemudahan distribusi surat melainkan, juga pengarsipan secara digital yang mana keunggulan yaitu memberikan
kemudahan dalam penelusuran kembali dan kemudahan perawatannya,” Terangnya.

Selain itu Sekda mengungkapkan transisi ke sistem digital akan mengubah banyak perilaku dan kebiasaan dan sudah barang tentu tidak akan mudah.

“Butuh skill teknis programming, data scince, artificial intellegence, dan skill lainnya saat membangun sistem, Selain itu butuh literasi digital juga saat akan menggunakan produknya, ” Ujarnya.

“Meskipun demikian, perubahan ke arah digitalisasi adalah keniscayaan sehingga perlu terus mengupayakannya dengan sungguh-sungguh,” Pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Ciamis H. Tino Armyanto berharap aplikasi yang selama ini dikembangkan Diskominfo tersebut dapat dikenalkan dan digunakan oleh seluruh perangkat daerah di Kabupaten Ciamis.

“Kami berharap bahwa aplikasi ciamis sadata, e office kabupaten, e office desa ini bisa mempercepat tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien yang pada akhirnya smart city yang menjadi tujuan bisa terwujud,” Harapnya.

Diketahui, kegiatan ekspose tersebut diikuti oleh tiap perwakilan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :