Kabupaten Ciamis-, DPMD Kabupaten Ciamis bersama Posyandu Multifungsi Melati 1 Dusun Cidewa Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing serta romobongan beberapa OPD terkait ikuti Seleksi Administrasi Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Kuningan, Rabu (05/10/2022).

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis Ibu Hj Kania Ernawati dan Ketua Pokjanal Kabupaten Ciamis H. Wasdi untuk mendukung Posyandu Multifungsi Melati 1 Dewasari.

Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis Hj Kania Ernawati dalam sambutannya mengenalkan Tim Posyandu Multifungsi Melati 1 Dewasari dari Kabupaten Ciamis yang dimana Leading Sektornya DPMD dan tergabung beberapa OPD Pendukung. Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis juga memberikan Pantun.

Acara selanjutnya, H Wasdi selaku ketua pokjanal kabupaten dalam presentasinya bersama Posyandu Multifungsi Melati 1 dan perwakilan OPD terkait menyajikan profil Pokjanal Kabupaten Ciamis beserta Program dan Inovasi Unggulan “Personal Pelatihan Kader bersama OPD Pokjanal” dimana inovasi ini bertujuan untuk terwujudnya SDM yang berkualitas.

Seleksi Administrasi berlangsung dengan dibagi menjadi 4 kelompok diantaranya Pokjanal Kabupaten Ciamis, Pokjanal Kecamatan Cijeungjing , Pokjanal Desa Dewasari, dan Posyandu Multifungsi Melati 1 Dusun Cidewa.

Pemaparan berlangsung secara antusias dimana pokjanal Kabupaten memaparkan terkait peran masing-masing OPD terhadap Posyandu di Kabupaten Ciamis. Selain itu, turut dipaparkan juga inovasi-inovasi kepada dewan juri seperti inovasi digitalisasi sistem informasi yaitu Sipocis (Sistem Informasi Posyandu Online Ciamis) yang berkolaborasi dengan diskominfo ciamis, Sikeren Halo Cinta dari Dinkes Kabupaten Ciamis, Budaya literasi Holistik Integratif dari Disdik Kabupaten Ciamis, Gemarikan dari Dinas Peternakan, Inovasi lainnya dari Dinas Pertania Kabupaten Ciamis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Dinas KB, serta Inovasi dari PKK Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Pokjanal Kecamatan dan Pokjanal Desa juga memaparkan berbagai bentuk inovasi serta program progam yang mendukung penuh terhadap Posyandu Multifungsi Melati 1 Dusun Cidewa Desa Dewasari.

Terakhir, Posyandu Multifungsi Melati 1 Dusun Cidewa dapat memaprakan berbagai program dan inovasi unggulan kepada dewan juri dengan baik. sebanyak 43 Inovasi dipaparkan oleh kader posyandu multifungsi melati 1 dusun Cidewa yang salah satunya adalah inovasi Galuh Peduli Rasa atau GAPURA dimana ini merupakan produksi yang memanfaatkan limbah kertas menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Share This :