KABUPATEN CIAMIS.- Bunda Paud Kab. Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat lakukan optimalisasi peran bunda Paud dalam mewujudkan Peran Paud berkualitas guna mendorong naiknya Angka Prestasi Kasar (APK) Kab. Ciamis semaksimal mungkin. Agenda ini dilaksanakan di Aula Gedung PKK Kab. Ciamis pada Kamis, (15/12/22).

Dalam agenda tersebut Bunda Paud Kab. Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat mengatakan pada tahun 2021 jumlah anak udia 0-6 tahun berjumlah 107.838 jiwa dan jumlah siswa usia tersebut sebanyak 38.035 siswa dengan angka APK sebesar 35,27%.

Hj. Kania menjelaskan bahwa Harus dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan semaksimal mungkin nilai APK tersebut, yang menurutnya masih rendahnya nilai APK tersebut dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu internal dan eksternal.

Faktor internalnya adalah pengelolaan Paud yang belum dapat memberikan layanan yang berkualitas.

Salah satu faktor eksternal yang harus kita atasi adalah masih belum difahaminya fungsi dan manfaat Paud oleh orang tua yang memiliki anak usia 0-6 tahun dan keterjangkauan paud oleh sasaran karena jarak yang lumayan jauh.

“Untuk menciptakan Paud berkualitas perlu dipahami terlebih dahulu hal yang harus dipersiapkan untuk menciptakan Paud berkualitas sehingga dalam pengelolaannya akan lebih terpadu dan ter arah, yaitu dengan;
Proses pembelejaran yang berkualitas, kemitraaan dengan orang tua, memantau dan mendukung kebutuhan esensial Paud serta kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya.” Ungkap Hj. Kania

“ Keberadaan Bunda Paud sangatlah penting untuk menggerakan segenap komponen, dan sumber daya yang ada di wilayahnya serta dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan diwilayahnya untuk bersama-sama mengembangkan layanan Paud. “ lanjut Hj. Kania

Hj. Kania berharap agar para bunda Paud di kecamatan, desa/kelurahan agar dapat berperan sebagai sosok mitra, tokoh sentral, dan figur ibu yang memberikan sumbangan pemikiran, advokasi dan melakukan sosialisasi dalam mewujudkan gerakan Paud berkualitas.

“Memotivasi pembina, pengelola guru dan tenaga pendidik Paud dalam menyelenggarakan Paud berkualitas dengan layanan holistik integratif.” Lajutnya

Ia juga berharap agar dapat mengoptimalkan sumber dana untuk mendukung penyelenggaraan Paud berkualitas dengan layanan holistik integratif melalui berbagai sumber dana yang ada seperti APBN, APBD, Dana Desa, CSR, serta sumber lain yang ada di masyarakat.

Ketua Pokja Bunda Paud Kab. Ciamis Gita Griselda dalam laporan acara kegiatan mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam menciptakan Paud Holistik integratif di Kab. Ciamis demi terwujudnya Paud Berkualitas.

Harapannya kegiatan ini dapat ditindaklanjuti di setiap kecamatan desadan kelurahan yang ada di Kab. Ciamis demi terciptanya Paud Berkualitas.

Dalam agenda optimalisasi peran bunda Paud dalam mewujudkan Peran Paud berkualitas ini hadir Kepala Dinas Pendidikan Asep Saeful Rahmat, serta sejumlah narasumber dan Bunda Paud kecamatan seKab. Ciamis.

Share This :