CIAMIS, – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka secara resmi Kick Of Meeting Perencanaan Kabupaten Ciamis dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024 bertempat di Aula Bappeda, Selasa (27/12/2022).

Kick Off Meeting Perencanaan merupakan penanda diawalinya penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2024 yang bertujuan untuk menginformasikan agenda pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Serta arah kebijakan dalam menyusun Rancangan Awal RKPD dan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyebutkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun yang krusial, pasalnya tahun tersebut merupakan tahun terakhir periode RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

“Kami berharap di tahun 2024 seluruh Perangkat Daerah agar betul-betul memprioritaskan program-program yang mampu untuk menuntaskan target-target pembangunan yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Bupati Ciamis berpesan kepada seluruh perangkat daerah agar dapat memformulasikan arah kebijakan tahun 2024 secara sungguh-sungguh sehingga menghasilkan perencanaan yang tepat sasaran, produktif dan dapat memberikan manfaat dan dampak yang sebesar-besarnya bagi masyarakat ciamis.

Selain itu Bupati Ciamis juga menyampaikan bahwa tahun 2024 terdapat agenda penting yang harus dijadikan pertimbangan dalam penyusunan perencanaan pembangunan yaitu kegiatan Pemilihan Umum dan Pilkada serentak.

Sementara itu, Sekretaris Daerah H. Tatang selaku Ketua Penyelenggara mengatakan maksud dan tujuan kegiatan kick of meeting ini adalah untuk menginformasikan agenda pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Serta kebijakan dalam penyusunan rancangan awal RKPD dan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah tahun 2024.

“Kami berharap dengan kegiatan ini beserta memiliki bekal pemahaman untuk menganalisis data dan informasi potensi daerah serta menginterpretasikannya secara terstruktur dalam penyusunan rencana pembangunan daerah,” terang Sekda.

Pada acara ini juga dihadiri oleh narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Barat yang menyampaikan terkait Rancangan Awal RKPD Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 diantaranya mengenai capaian indikator makro sampai dengan tahun 2021, isu strategis pembangunan daerah serta arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.

Selanjutnya dari Bappeda Provinsi Jawa Barat juga menyampaikan rencana jadwal perencanaan Provinsi Jawa Barat dan jadwal input usulan Bankeu dan Hibah dari masyarakat, desa maupun Pemerintah Kabupaten kota di SIPD untuk tahun 2024.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :