CIAMIS, – Kegiatan Saka Amal Bakti yang akan dilaksanakan tingkat Jawa Barat diharapkan dapat mewujudkan generasi muda yang tangguh dalam menghadapi tantangan kehidupan kedepan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat melepas 120 peserta dari Kwarcab Ciamis yang akan mengikuti Kemah Bakti Harmoni Beragama Saka Amal Bakti Jawa Barat, Selasa (27/12) di halaman Pendopo Bupati.

Sebanyak 60 Penegak Putra dan 60 Penegak Putri akan mengikuti kegiatan saka amal bhakti tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kiarapayung Camp Jatinangor Kabupaten Sumedang.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mewujudkan generasi muda yang tangguh dalam menghadapi tantangan kehidupan, serta bisa menjadi wadah kegiatan generasi muda santri untuk lebih mengenal alam sekitar dan menumbuhkan nilai-nilai kemandirian, ” Ucap Bupati.

Dikatakan Bupati, nilai-nilai yang terkandung dalam kepramukaan hendaknya mampu mewarnai kehidupan dalam mewujudkan pribadi-pribadi unggul sebagaimana termuat dalam Dasa Darma Pramuka.

Kemudian nilai dari Dasa Darma Pramuka tersebut mampu di manifestasikan dalam diri seorang pandega, penggalang dan penegak sebagai sosok Pramuka Sejati.

“Yang ingin saya sampaikan adalah bahwa masa depan yang lebih baik itu tidak akan pernah datang dengan sendirinya, tapi harus kita rancang bersama-sama,” Ujarnya.

Menurutnya, potensi yang dimiliki dan dibawa sejak lahir tidak akan tumbuh berkembang kecuali difasilitasi dan diberikan kondisi untuk tumbuh secara maksimal.

“Kita percaya dengan potensi yang maksimal baik potensi intelektual, potensi motorik keterampilan, potensi karakter yang baik, potensi komunikasi yang baik, maka seluruh potensi yang tumbuh berkembang itu lebih dimungkinkan akan menggapai hari esok yang lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Ciamis, Nanang Permana melaporkan dalam kegiatan tersebut Kwarcab Ciamis akan memberangkatkan 60 Penegak Putra dan 60 Penegak Putri serta 6 pendamping Putra dan 6 pendamping Putri dan kegiatanya sendiri dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai 29 Desember 2022.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis berkesempatan menyerahkan secara simbolis Bantuan dari Bupati Ciamis kepada setiap Kwartir Ranting dengan total 270 juta rupiah.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :