Kabupaten Ciamis,- Baznas Provinsi Jawa Barat melalui Baznas Ciamis menggelar kegiatan training Emosional Spiritual Question (ESQ) di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis. Rabu, 28/12/22.

Hadir pada acara tersebut, Asda 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Aef Saefuloh, Ketua Baznas Prov. Jabar, Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua DPD MUI Kab. Ciamis, Kepala Kemenag Ciamis, Kepala Kantor Cabang BSI Ciamis, penyuluh agama islam yg tergabung dalam pokjaluh, penyuluh agama islam yg tergabung di FKPAI, DMI Kecamatan se-Kabupaten Ciamis, pengurus Masjid Besar Kecamatan, Irma masjid agung, Mahasiswa dan UPZ-UPZ Kecamatan.

Adapun tema yang diusung yaitu “Mewujudkan 10.000 generasi emas, duta akhlak, duta zakat Jawa Barat”.

Saat membacakan sambutannya, Asda 2 Aef Saefulloh menuturkan bahwa duta zakat adalah merupakan terobosan baru yang diinisiasi oleh Baznas Provinsi Jawa Barat, untuk mewujudkan 10.000 duta zakat.

Menurut Asda 2 Aef, program ini tentu saja harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah yang eksesnya sangat bermanfaat untuk sosial – keagamaan, Jelasnya.

“Tugas mulia tersebut harus diiringi oleh niat yang bulat, semata untuk syiar agama dan berinvestasi amal saleh”, Ujarnya.

Lebih lanjut, Asda 2 Aef juga menginformasikan bahwa poteni pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah Kabupaten Ciamis hampir menyentuh angka 1 Trilyun.

“Ya, tentu potensi ini harus dapat dioptimalkan dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan masyarakat sadar dan cinta zakat”, Ajaknya.

“Alhamdulillah, beberapa waktu kemarin penghargaan atas prestasi pengelolaan Zis dari Baznas Jawa Barat dalam acara Baznas Jawa Barat kepada Kabupaten Ciamis menjadi equivalen”, Sambungnya.

Kaitan hal tersebut, training ESQ ini kata Aef dipandang bagus sebagai bekal penguatan mental-psikis para duta zakat untuk senantiasa berusaha ikhtiar semaksimal mungkin menjadi mitra pengumpul zakat kemudian bertawakal kepada Allah SWT atas ikhtiar yang dilakukan, Katanya.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis mengapresiasi atas terobosan ini, semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita bisa terwujud dan masyarakat yang lemah secara ekonomi akan banyak yang terbantu dengan hadirnya duta zakat sebagai jembatan Baznas khususnya di Kabupaten Ciamis”, Pungkasnya.

Share This :