Kabupaten Ciamis,- TP-PKK Kabupaten Ciamis yang diketuai oleh Hj. Kania Ernawati selenggarakan Pelantikan untuk Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Ketua Forikan Kecamatan serta Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan, Bunda FAD Kecamatan dan Bunda Genre Kecamatan yang bertempat di Aula PKK Kabupaten Ciamis, Rabu 28 Desember 2022.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas DP2KBP3A Kab.Ciamis, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Ciamis, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, perwakilan dari sebagian OPD terkait di Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis yang diwakili oleh Kepala Dinas DP2KBP3A Dian Budiana memberikan sambutan dimana disampaikan bahwa setiap yang telah dilantik agar menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh dan menjalankan proker dengan tepat sasaran, berdayakan dan implementasikan program pokok pkk, jalin koordinasi dengan seluruh elemen masyarakat, hendaknya dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas agar mampu menerapkan seluruh aspek sosial yang ada pada program kerja PKK yang mendukung visi misi daerah Kabupaten Ciamis terkait kesejahteraan keluarga.

“diharapkan kepada seluruh ketua dan bunda agar menjalankan tugasnya semata-mata untuk meningkatkan dan mewujudkan generasi muda berkualitas, serta diharapkan agar mampu mengarahkan anggota pkk dan masyarakat, aktifkan gotong royong serta aktif dalam melaporkan seluruh pelanggaran yang terjadi di lingkungan sekitar” Ucapnya

Hj. Kania Ernawati sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ketua Forikan Kabupaten Ciamis, Bunda PAUD Kabupaten Ciamis Bunda F.A.D dan Bunda Genre Kabupaten Ciamis memberikan arahan dimana, dalam mewujudkan Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah dalam mensosialisasikan 10 Program Pokok PKK untuk kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera, maka dibutuhkan seorang pemimpin dan penggerak yang mampu memanfaatkan potensi secara optimal.

“momentum pelantikan dan pengukuhan ini tidak hanya sebagai mekanisme semata, namun sebagai momentum dalam peningkatan kinerja” Ujarnya.

Peningkatan kinerja tersebut tentunya berdampak untuk masa mendatang bagi para Tim Penggerak PKK, Bunda PAUD, Bunda Genre, Bunda FAD dan Ketua Forikan yang ada di Kabupaten Ciamis, akan bekerja semakin terarah, profesional sesuai dengan program yang telah ditentukan.

Terakhir, Hj Kania Ernawati berharap kepada seluruh peserta yang telah dilantik dan dikukuhkan agar memahami program sosial dasar masyarakat, Bekerjasama dengan stakeholder demi terwujudnya layanan PAUD yang aman, nyaman dan menyenangkan.

“Selain itu, diharapkan agar membentuk sebuah daerah menjadi daerah yang layak anak melalui Forum Anak Daerah yang berfungsi sebagai pelopor dan pelapor dimana anak dapat membantu lingkungan sekitarnya kearah yang lebih baik” jelasnya

Hj Kania juga menjelaskan bahwa sebuah wadah khusus juga diperlukan demi mengembangkan karakter bangsa yang tangguh, serta mengajarkan mereka untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza melalui Bunda Genre.

Ketua 1 Tim Penggerak PKK Kab. Ciamis Gitta Griselda selaku ketua penyelenggara dalam laporannya mengatakan bahwa sangat dibutuhkan seorang ketua pkk kecamatan yang memiliki kwalitas yang baik, serta sebagai figur yang dapat menunjang serta meningkatkan keberlangsungan pendidikan anak usia dini untuk mewujudkan generasi emas di kabupaten ciamis, meningkatkan ketahanan pangan melalui budidaya ikan, meningkatkan Forum Anak Daerah untuk mewujudkan anak yang sejahtera lahir dan batin di kabupaten ciamis, serta penyiapan generasi berencana dan mengantarkan remaja terhindar dari seks bebas dan pernikaha usia dini, sehingga perlu adanya Ketua Forikan, Bunda PAUD, Bunda FAD serta Bunda Genre khususnya di tingkat Kecamatan.

“Pada kesempatan ini, peserta pelantikan dan pengukuhan ketua tim penggerak pkk kecamatan sebanyak 15 orang, Ketua Forikan Kecamatan sebanyak 24 Orang, Bunda PAUD Kecamatan sebanyak 14 Orang, Bunda FAD Kecamatan sebanyak 24 Orang, Bunda Genre Kecamatan Sebanyak 24 Orang” jelasnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba UP2K-PKK di tingkat kecamatan Se Kabupaten Ciamis. dimana hal tersebut dilakukan guna memotivasi kecamatan lainnya agar semakin aktif dalam membina daerahnya masing-masing.

Share This :