Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya sedang memberikan sambutan pada laporan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik rencana awal RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2024

Kabupaten Ciamis,- Laporan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik rencana awal RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2024 dibuka langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Aula Bappeda Kab. Ciamis. Senin, 30/01/23.

Saat membuka kegiatan tersebut, Bupati Herdiat Sunarya menuturkan bahwa forum konsultasi publik ini merupakan sarana untuk menjaring saran dan masukan dari seluruh stakeholder untuk menyempurnakan rancangan awal rencana kerja Pemerintah Daerah yang telah disusun, Jelasnya.

Sambung Bupati Herdiat, pelaksanaan forum ini merupakan salah satu wujud pemenuhan ketentuan Pasal 80 Ayat (1) Permendagri No. 86 Tahun 2017 yang mengamanatkan nahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami minta kepada seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan yang hadir saat ini kiranya dapat memberikan saran, masukan, maupun ide dan gagasan yang konstruktif guna penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2024 yang akan bermanfaat dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah serta menjawab berbagai tantangan dan isu-isu strategis yang akan dihadapi pada tahun 2024”, Ajaknya.

Selain itu, Bupati Herdiat mengatakan bahwa salah satu hal yang perlu menjadi perhatian oleh seluruh jajaran perangkat daerah adalah bahwa pada tahun 2024 adalah tahun kelima atau tahun terakhir dari periode RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

“Pada akhir periode perencanaan lima tahun tersebut, maka target pembangunan yang ditetapkan di tahun akhir RPJMD hendaknya harus dapat tercapai”, Ujarnya.

Ya, hal ini tentunya menjadi tugas pekerjaan dan tanggung jawab yang harus diselesaikan oleh seluruh jajaran Pemerintah Daerah, Imbuh Bupati Herdiat

Dalam kaitan itulah maka proses penyusunan rancangan awal RKPD ini harus memberi penekanan terhadap penyelesaian dan pencapaian target-target pembangunan yang telah disepakati dan tertuang dalam RPJMD tahun 2019-2024, Lanjutnya.

Ditengah sambutannya, Bupati Herdiat juga menginformasikan bahwa berbagai program pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2022 yang lalu telah menunjukan hasil yang positif, beberapa capaian kinerja mengalami perkembangan yang lebih baik dibandingkan dengan tahun 2021, Katanya.

Adapun diantaranya meliputi ;

1.) Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2022 mencapai angka 71,45 poin, mengalami kenaikan sebesar 0,52 poin dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar 70,93 poin.

2.) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2022 tercatat sebesar 3,75% lebih baik dibandingkan tahun 2021 sebesar 5,06%.

3.) Persentase penduduk miskin tahun 2022 tercatat sebesar 7,72%, menurun 0,25% dibanding tahun 2021 sebesar 7,97%.

4.) Indeks gini tahun 2022 sebesar 0,337 poin, menurun sebesar 0,005 poin dibandingkan tahun 2021 sebesar 0,342 poin.

Namun demikian, kata bupati meskipun capaian kinerja tahun 2022 tersebut menunjukan peningkatan dibanding dengan tahun 2021, masih terdapat beberapa indikator yang capaiannya masih berada dibawah target yang ditetapkan.

“Oleh karena itu dalam pelaksanaan program pembangunan tahun 2023 yang saat ini mulai berjalan, saya minta kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah untuk lebih meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan program kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga mampu menuntaskan target pembangunan yang ditetapkan serta membawa perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik”, Tandasnya

Share This :