CIAMIS,- Untuk meningkatkan kinerja dan peran Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar pembekalan bagi kepala sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD) pada Selasa (21/02/2023).

Sebanyak 173 Kepala Sekolah Sekolah Dasar di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan pembekalan tersebut yang dilaksanakan di Aula BKPSDM Ciamis.

Sekretaris Daerah H. Tatang saat menjadi narasumber dalam kegiatan pembekalan tersebut menyampaikan bahwa Kepala Sekolah harus visioner, memahami apa yang menjadi visi dan misi sekolah.

“Sebagai Kepsek tentu harus tahu bagaimana cara mengelola sekolah, jadi penting bagi bapak ibu harus tahu visi dan misi sekolah yang bapak ibu pimpin,” Ucap Sekda.

“Yang pertama kita kerjakan adalah melaksanakan visi, karena visi adalah cara pandang kita kedepan, jadi kepsek haruslah visioner, ” Jelasnya.

Sekda juga menyampaikan Kepala Sekolah atau guru harus mampu menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya, sebab apa yang dilakukan Kepsek maupun guru akan menjadi fatwa bagi murid-muridnya.

“Organisasi sekecil apapun harus bisa mengendalikan, bukan tidak boleh kelihatan cantik atau modis tapi harus pake norma, berilah contoh yang baik, itulah kepemimpinan,” Ujar Sekda.

Lebih lanjut Sekda mengatakan agar proses keorganisasian dapat benar-benar dilaksanakan, terutama dalam mengatur dan mengelola sumber daya yang ada.

Menurutnya, hal tersebut penting, karena jika tidak mampu mengelola dengan baik maka pembelajaran tidak akan maksimal dan visi misi akan sulit tercapai.

“Saat ini rata-rata lama sekolah di Ciamis berada di angka 8.00, artinya walaupun di Ciamis banyak sarjana baik S1 sampai S3 tetap saja kalau di bagi rata hanya mencapai 8.00, sementara target Bupati adalah 8.5,” Terangnya.

“Maka dari itu Bapak ibu harus mampu merubah pikiran SDM yang ada baik guru PNS, PPPK maupun Honorer untuk mempunyai tujuan yang sama, mencapai visi dan misi yang sama, ” Pungkas Sekda.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :