Penghargaan pertama diterima Kabupaten Ciamis yaitu Anugerah Adipura yang dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya yang dilaksanakan di Jakarta. Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten Kota yang memiliki kinerja pengelolaan lingkungan yang baik.

Penghargaan selanjutnya yaitu penganugerahan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (KSPP) dengan predikat Zona Hijau yang diraih dalam agenda Strategic Transformation Meeting Reformasi Birokrasi Terintegrasi dan Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, pada Selasa, (28/02/2023) bertempat di Grand Sunshine Resort & Convention Kabupaten Bandung.

Anugerah diberikan oleh Kepala Ombudsman RI dan Sekda Provinsi Jawa Barat untuk predikat Reformasi Birokrasi Kepada Bupati Ciamis yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd. pada acara tersebut.

Penghargaan tersebut, berdasarkan Penilaian Ombudsman RI menyatakan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022 (Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan) Pemerintah Kabupaten Ciamis memperoleh nilai 80,47 (Kategori B/Zona Hijau) dengan Opini Kualitas Tinggi.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemprov Jabar bekerjasama dengan Ombudsman RI.

Sedangkan para peserta yang mengikuti acara tersebut adalah para Kepala Daerah, Sekretaris Daerah bersama Tim Reformasi Birokrasi dari unsur Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Usai menerima penghargaan, Sekretaris Daerah Ciamis menyampaikan prestasi tersebut merupakan suatu kebanggaan sekaligus menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Prestasi ini tentunya sebuah kebanggaan bagi kita pemerintah daerah dan harus menjadi pendorong semangat, agar kita dapat terus meningkatkan pelayanan publik yang efisien dan cepat. Walaupun penghargaan itu bukan suatu tujuan tapi mudah-mudahan bisa memberikan semangat dalam peningkatan kinerja” Ucap Sekda.

Ia juga turut memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Ombudsman RI atas pemberian penganugerahan predikat zona hijau pada Kabupaten Ciamis. Tak lupa Sekda juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis yang telah berperan dan bekerjasama dalam pelaksanaan tugas sebagai pelayan masyarakat.

Share This :