Kabupaten Ciamis,- Merupakan kegiatan rutin tahunan di Bulan Suci Ramadhan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis kembali menggelar Bazar Ramadhan Disnakkan 1444 H yang dilaksanakan di halaman kantor Disnakkan. Rabu, 05/04/23.

Untuk diketahui, kegiatan Bazar Ramadhan ini hanya dilaksanakan dalam 1 hari rabu ini saja dan semenjak dimulai dari pukul 08.00 WIB pagi, kegiatan tersebut sudah ramai banyak dikunjungi masyarakat sekitar.

Kadisnakkan Kab. Ciamis H. Syarief Nurhidayat mengatakan, selain menjadi sebuah tradisi, kegiatan Bazar Ramdhan tersebut yakni meningkatnya permintaan yang selalu diikuti dengan naiknya harga-harga kebutuhan pangan seperti telur ayam, daging ayam, daging sapi, cabai merah hingga minyak goreng.

“Dengan melalui Bazar Ramadhan ini tentu menjadi sebuah ikhtiar kami Pemerintah dalam pengendalian inflasi”, Ujar H. Syarief.

Selain daripada itu, tujuan dari kegiatan tersebut kata H. Syarief diantaranya adalah untuk membantu para pelaku usaha UMKM pengolahan hasil peternakan dan perikanan dalam mempromosikan serta memasarkan hasil produknya.

Selanjutnya juga untuk membantu masyarakat mendapatkan komoditas hasil peternakan dan perikanan dengan harga yang relatif normal serta membantu menggerakan roda perekonomian masyarakat terutama keberlanjutan UMKM binaan Dinas Peternakan dan Perikanan, geliat dalam rangka mendukung konsumsi pangan hewani yang bergizi, Bebernya.

H. Syarief juga menginformasikan, sebanyak 18 pelaku usaha sektor peternakan dan perikanan maupun sektor pangan lainnya dengan beragam komoditas ikut tergabung dalam kegiatan tersebut.

Adapun komoditas yang dimaksud diantaranya daging ayam, telur, susu pasteurisasi, ikan segar, sayur mayur, beras, olahan berbahan dasar ikan, olahan berbahan dasar ayam, minyak goreng dan kue-kue khas untuk lebaran.

Ya, untuk kegiatan ini, kami Dinas Peternakan dan Perikanan bekerjasama dengan DWP Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, serta juga beberapa pihak lain seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis serta para pelaku usaha sektor peternakan dan perikanan di Kabupaten Ciamis, Tandas H. Syarief.

Sementara itu, Ibu Neni salah seorang warga yang sempat ditanyai saat tengah berbelanja di Bazar Ramadhan tersebut mengatakan dirinya selaku masyarakat sangat menyambut baik kegiatan rutin tersebut.

“Dengan adanya kegiatan rutin Bazar Ramadhan ini tentu selain daripada banyaknya pilihan kebutuhan pangan yang disediakan, kebutuhan pangan yang disediakan juga terjamin sehat, segar-segar dan paling utama juga harganya terbilang murah”, Singkatnya.

Share This :