Kabupaten Ciamis,- Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Tatang pada Bimtek penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Setda Kab. Ciamis pada Senin, 08/05/23.

Dijelaskan Sekda Kab. Ciamis, H. Tatang, ditengah segala keterbatasan akibat pandemi covid-19, berdasarkan informasi dari Tim Kementerian Dalam Negeri, bahwa capaian LPPD Kabupaten Ciamis saat ini termasuk dalam kategori “Sedang”, pada urutan ke-47 secara nasional dari 416 kabupaten di seluruh Indonesia dan urutan ke-4 di Provinsi Jawa Barat, serta terbaik di Wilayah Priangan Timur dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah, Katanya.

Meski atas capaian tersebut, Sekda tetap mengajak agar tidak menjadikan alasan untuk mudah berpuas diri, “Karena pada pelaksanaan penyusunannya kita masih menghadapi berbagai kendala, untuk itu pada saat ini kita melaksanakan kegiatan bimbingan teknis dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri”, Ujarnya.

Lebih lanjut, dibeberkan Sekda, secara substansi LPPD adalah berisi laporan capaian Indikator Kinerja Kunci (IKK) urusan pemerintahan, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang dibahas dan disepakati bersama DPRD, serta laporan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada 6 (enam) urusan wajib pelayanan dasar yang secara teknis disusun oleh seluruh OPD dan Tim LPPD kabupaten.

Ya, dari hasil penyusunan LPPD yang dilaksanakan di daerah tersebut selanjutnya LPPD akan menjadi salah satu indikator dan alat ukur bagi Pemerintah Pusat dalam menilai sejauh mana keberhasilan dari penyelenggaraan pemerintahan di daerah, jelasnya.

Dari Bimtek tersebut, Sekda berharap untuk selanjutnya akan menjadikan capaian LPPD sebagai indikator dari keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten Ciamis akan meningkat dan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, pungkasnya.

Turut hadir secara langsung sebagai narasumber, Analisis Kebijakan Ahli Muda Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri, Suhendro dan di ikuti secara virtual oleh Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri Dr. Deddy Winarwan.

Dari Kabupaten Ciamis, kegiatan ini diikuti oleh Asisten Administrasi Umum Setda Ciamis, para staff ahli bupati, para kepala OPD lingkup Pemkab Ciamis.

Share This :