Kabupaten Ciamis,- Sebanyak 1.172 orang calon jemaah haji dari Kabupaten Ciamis ikuti bimbingan manasik haji di Gedung KH. Irfan Hielmy Ciamis. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dengan turut hadir mendampingi Wabup Ciamis Yana. D. Putra, Sekda Kab. Ciamis H. Tatang dan seluruh jajaran Forkopimda Kab. Ciamis. Kamis, 18/05/23.

Untuk diketahui, jadwal pemberangkatkan calon jemaah haji dari Kabupaten Ciamis tersebut akan diberangkatkan pada tanggal 27 mei mendatang.

Kaitan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Kemenag Kab. Ciamis menggelar bimbingan manasik haji guna sebagai pembekalan bagi para calon jemaah.

Dalam sambutan Bupati Ciamis, H. Herdiat menuturkan bahwa manasik haji ini dapat dimanfaatkan agar bagaimana melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun haji, syariat islam.

“Ini semata agar bapak ibu semua dapat bersungguh-sungguh menjadi haji yang mabrur dan mabruroh”, Ucap bupati.

Kata bupati, Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang juga harus kuat baik mental maupun fisiknya.

Bupati mengatakan bahwa para semua jemaah nantinya akan bersatu padu bersama para jemaah lain dari seluruh penjuru dunia. Kaitan hal itu bupati menitipkan agar kesehatan mental dan fisik calon jemaah harus benar-benar dijaga.

Ya, terlebih cuaca di Makkah, di Madinah juga berbeda sehingga saya titipkan agar semuanya dapat mempersiapkan kekuatan fisik dan mental yang kuat. Ajaknya.

Selain itu, bupati juga menginformasikan bahwa pandemi covid-19 masih ada dan ada yang terkonfirmasi positif sampai hari ini.

“Meski demikian, akan tetapi Pemerintah Pusat memberikan kelonggaran tidak adanya pembatasan, hanya saja saya titipkan protokol kesehatan itu paling tidak selalu diterapkan untuk menjaga diri sendiri dan keluarga terlebih juga dalam melaksanakan haji yang akan berkerumun dengan jutaan manusia dari berbagai penjuru dunia”, Katanya.

Dipenghujung sambutannya, bupati berharap agar kesatuan kebersamaan para calon jemaah haji terutama kepada yang usianya masih muda untuk saling menjaga kepada para jemaah lansia.

“Saya titipkan kepada jemaah yang masih muda-muda untuk dapat mengawal para orang tua kita, mari saling menjaga satu sama lainnya, ini akan sesuai dengan judul kita hari ini yaitu “Jemaah Haji Ramah Lansia”. Titipnya.

Ditambahnya, tidak lupa juga agar menjaga pola dan asupan makanan yang bergizi, agar semuanya dapat sehat dan dapat menjalankan ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Paling utama ikuti bimbingan ini dengan sebaik-baiknya untuk bekal bapak dan ibu semua melaksanakan ibadah haji menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Tandasnya

Share This :