CIAMIS, – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 bertempat di Halaman Pendopo Bupati pada Kamis (01/06/2023).

Peringatan hari lahir pancasila kali ini dilaksanakan dengan mengusung tema “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyampaikan tema harlah Pancasila tersebut bermakna bahwa perjuangan bangsa Indonesia masih panjang, oleh karena itu penting untuk menjaga dan meningkatkan semangat Pancasila.

“Semangat pancasila tersebut dapat melalui gotong royong, persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan dan meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat, agar bangsa kita mampu tumbuh dan lebih maju di tengah peradaban dunia,” ucapnya.

“Kita telah membuktikan bahwa dengan semangat pancasila melalui persatuan dan kesatuan, kita mampu melewati masa-masa sulit,” imbuhnya.

Bupati menjelaskan bahwa pancasila merupakan hasil perumusan dan pemikiran para pejuang bangsa, dimana sejarah telah mencatat bahwa Bung Karno sang proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang selanjutnya sebagai dasar negara.

“Pasca kemerdekaan bangsa Indonesia, Pancasila telah menjadi alat pemersatu bangsa, karena negara indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa dan budaya dapat bersatu dan menjadi kuat karena nilai -nilai pancasila,” jelasnya.

Selanjutnya Bupati Herdiat menuturkan bahwa Pancasila juga menjadi semangat dalam menghadapi berbagai tantangan yang dialami bangsa indonesia.

Maka dari itu Ia mengajak kepada seluruh pihak, untuk lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila upaya mewujudkan Kabupaten Ciamis yang maju mandiri dan sejahtera.

“Mari kita lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila, semangat gotong royong, persatuan, kebersamaan dan sinergitas dalam upaya mewujudkan kabupaten ciamis yang maju, mandiri dan sejahtera,”Pungkasnya.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :