Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya beserta jajaran laksanakan Ziarah ke Makam Leluhur Galuh dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-381, pada Kamis (8/6/2023).

Acara ziarah tersebut berjalan lancar dan terselenggara dengan khidmat, Ziarah kali ini merupakan rangkaian kegiatan pokok peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis ke-381 Tahun 2023, dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Ziarah ini juga sebagai upaya menghormati dan mengenang jasa para leluhur yang telah berperan dalam membentuk sejarah dan identitas Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Tidakhanya Bupati Ciamis beserta Jajaran yang melaksnakan, Ziarah tersebut juga di ikuti oleh masyarakat terdekat di lingkungan makam leluhur Galuh, baik anak-anak ataupun para orangtua.

Bupati Ciamis berharap masyarakat dapat mengenali dan menghargai warisan sejarah yang ada di daerah mereka.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan antargenerasi, serta membangkitkan semangat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya leluhur,” kata Bupati Ciamis.

“Dengan semangat menghormati dan mengenang leluhur, saya berharap Ciamis terus maju dan berkembang menjadi daerah yang makmur dan harmonis. Peringatan Hari Jadi ke-381 Ciamis menjadi momen untuk kita bangkit pasca pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Ziarah diawali dengan mengunjungi makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635 – 1678), yang merupakan Bupati pertama bertempat di makam Ciwahangan Girang, Desa Imbanagara, Ciamis.

Ziarah kedua di makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1814 – 1819), yang merupakan Bupati ke-14 bertempat di makam Cigadung, Desa Imbanagara, Ciamis.

Selanjutnya ziarah ketiga di Makam Rd. Adipati Adikusumah di gunung Galuh (1819 -1839), yang merupakan Bupati ke-15 bertempat di makam Gunung Galuh, Desa Imbanagara, Ciamis.

Rangkaian ziarah keempat di makam Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839 – 1886), yang merupakan Bupati ke-16 bertempat di makam Jambansari, Selagangga, Ciamis.

Selanjutnya, ziarah kelima di makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886 – 1914), yang merupakan Bupati ke-17 bertempat di makam Sukasirna Ciamis.

Kemudian ziarah ke enam di makam leluhur Astana Gede Kawali. Setiap ziarah diawali dengan pembacaan sejarah singkat, doa bersama, dan tabur bunga oleh Bupati Ciamis di dampingi Wakil Bupati Ciamis dan para Forkopimda.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :