Menindaklanjuti Surat KemenpanRB Nomor B/118/RB.01/2023 tanggal 06 Juni 2023, serta Surat Perintah Tugas Nomor 700/715/Sekre.2/Inspektorat tanggal 07 Juni 2023 menghadiri undangan “Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024″ di Provinsi Jawa Barat. Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat tanggal 8-9 Juni 2023, yang diselenggarakan oleh KemenPANRB bertempat di Courtyard by Marriot Bandung Dago dan Aula Barat Gedung Sate Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Acara dihadiri langsung oleh Sekda Ciamis, Asisten 3, Kepala Dinas Sosial, Sekretaris Bappeda, Sekretaris DP3KBPA, dan Strategic Transformation Unit (STU) lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Talk Show hari pertama oleh Asdep Perumusan dan Koordinasi Penerapan Kebijakan RB KemenpanRB, dan Talk Show hari kedua oleh Menteri PANRB, Gubernur Jawa Barat dan dimoderatori oleh pemimpin redaksi Detik.com

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperoleh dukungan dan pemahaman yang luas mengenai pentingnya reformasi birokrasi dan langkah-langkah yang akan dilakukan. Melalui asistensi, pemerintah memberikan dukungan teknis dan pengawasan untuk memastikan implementasi yang efektif dari program-program reformasi birokrasi.

Sosialisasi dan asistensi Reformasi Birokrasi Tematik dan perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 adalah upaya yang dilakukan oleh Kementerian PANRB melalui Biro Organisasi Provinsi Jawa Barat untuk memperbaiki dan mengubah sistem birokrasi di lingkungan Provinsi Jawa Barat, dan Kab/Kota se Jawa Barat. Tujuannya adalah birokrasi yang bersih, efektif dan berdaya saing mendorong pembangunan nasional dan pelayanan publik, dengan sasaran Reformasi Birokrasi General yaitu tata kelola pemerintahan digital yang efektif, lincah dan kolaboratif, budaya birokrasi Berakhlak dengan ASN yang profesional, serta sasaran Reformasi Birokrasi Tematik yaitu meningkatnya kualitas tata kelola dan hasil pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan, penggunaan produk dalam negeri dan laju inflasi.

RB Tematik merupakan pendekatan dalam reformasi birokrasi yang difokuskan pada tema-tema atau sektor-sektor tertentu. Pendekatan ini bertujuan untuk mencapai hasil yang lebih spesifik dan terukur dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan efisiensi birokrasi di sektor-sektor yang menjadi fokus. Contoh tema yang bisa menjadi fokus RB Tematik adalah pelayanan kesehatan, pendidikan, pelayanan publik digital, perizinan, dan sektor lainnya.

Perubahan dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 dapat terjadi untuk menyesuaikan dengan perubahan kebijakan, prioritas, atau kondisi yang ada. Perubahan ini biasanya dilakukan setelah melakukan evaluasi terhadap implementasi reformasi birokrasi dan hasil yang telah dicapai. Tujuan perubahan tersebut adalah untuk memperbaiki dan memperkuat upaya reformasi birokrasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang ada.

Dengan adanya sosialisasi, asistensi, RB Tematik, dan perubahan Road Map Reformasi Birokrasi, diharapkan akan terjadi perbaikan yang signifikan dalam sistem birokrasi Indonesia, sehingga pelayanan publik yang lebih baik dan efisien dapat diberikan kepada masyarakat.

Share This :