CIAMIS, – Kegiatan Ngarak Pataka kembali digelar untuk kelima kalinya, kali ini sebagai pamungkas kegiatan dalam rangkaian hari jadi Ciamis ke 381 tersebut digelar di Eks Kewadanaan Panumbangan tepatnya di Lapang Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti, sabtu (10/06) malam.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra beserta jajaran Forkopimda Ciamis, Para Kepala OPD, Camat se Kewadanaan Panumbangan turut hadir dalam acara tersebut. Sementara Bupati Ciamis harus absen tidak dapat hadir karena sedang dalam kegiatan lain untuk menerima penghargaan dari Presiden.

Wabup Ciamis dalam sambutannya menyampaikan dengan kegiatan ngarak pataka ini paling tidak dapat tersosialisasikan kepada masyarakat terkait kapan hari jadi Kabupaten Ciamis. Ia meyakini masih banyak masyarakat yang belum tahu kapan hari jadi daerahnya.

“Bahwa dengan ngarak pataka ini paling tidak ada sosialisasi kapan sih hari jadi Ciamis ini, sehingga dengan kegiatan ini hari jadi ciamis dapat tersosialisasikan,” ucapnya.

Wabup menuturkan ketika masyarakat mengetahui hari jadi daerahnya maka akan tumbuh rasa cinta, rasa memiliki dan rasa bangga, sehingga upaya membangun Kabupaten Ciamis ini akan menjadi lebih mudah.

“Mudah-mudahan setelah kita tahu hari jadi Ciamis ini minimal tumbuh rasa cinta, tumbuh rasa memiliki dan rasa bangga di hati masyarakat, setelah itu insyallah dalam membangun Kabupaten Ciamis ini akan menjadi lebih mudah,” ujarnya.

Karena menurutnya, untuk membangun Ciamis ini tidak cukup oleh Bupati, Camat, Kepala Desa dan jajarannya, akan tetapi butuh dukungan dari seluruh warga masyarakat.

Selanjutnya, melalui ngarak pataka ini masyarakat akan menyaksikan tentang tampilan progress pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah sehingga masyarakat dapat menilai secara langsung capaianya.

“Kita tahu adanya pandemi Covid 19 selama 3 tahun kebelakang telah berdampak pada segala bidang termasuk pada APBD, namun demikian kami terus berlari melakukan pembangunan di segala bidang di Kabupaten Ciamis,” terangnya.

Wabup melanjutkan dari kegiatan pembangunan yang dilakukan tersebut pada tahun 2022 lalu Kabupaten Ciamis mendapat 287 penghargaan baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Meskipun penghargaan ini bukan menjadi sasaran utama tapi paling tidak bisa menjadi indikator keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Ciamis,” Pungkas Wabup.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :