CIAMIS, – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya beserta Ketua TP PKK Kab. Ciamis meninjau langsung pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis dalam rangka Hari jadi Kabupaten Ciamis ke 381yang digelar di Puskesmas Ciamis, Selasa (13/06/2023).

Kegiatan bhakti sosial tersebut merupakan bentuk kerjasama dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah Ciamis melalui Dinas Kesehatan bersama Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung serta Yayasan Karya Alpha Omega Jakarta.

Diketahui, peserta yang mengikuti operasi mata katarak tersebut adalah sebanyak 100 orang yang berasal dari 37 Puskesmas yang sudah Screening awal oleh petugas Kesindera Puskesmas.

Usai tinjauan, Bupati Herdiat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan dasar di bidang kesehatan khususnya berupa operasi katarak bagi masyarakat.

“Ini adalah satu upaya Pemda dalam memberikan pelayanan dasar, pelayanan kesehatan khususnya mata berupa operasi katarak dengan berkolaborasi dengan RSM Cicendo Bandung dan Yayasan Karya Alpha Omega Jakarta yang turut membantu pembiayaan,” ucap Bupati.

Bupati menuturkan kegiatan bakti sosial operasi katarak ini diharapkan dapat membantu masyarakat terlebih dalam hal pembiayaan dimana dalam pelaksanaannya masyarakat tidak dikenakan biaya sedikitpun atau gratis.

“Operasi katarak ini per orangnya kan cukup mahal antara empat sampai lima juta rupiah, Alhamdulillah kita dapat bagian untuk masyarakat yang mempunyai penyakit mata katarak sebanyak 100 orang dengan gratis,” tuturnya.

Meski begitu, Bupati mengungkapkan bahwa para pasien yang di operasi harus memenuhi kriteria kesehatan dan telah lulus screening, berupa tekanan darah dan gula darah normal baru dapat dilaksanakan tindakan operasi.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan sosial ini, RSM Cicendo serta Yayasan Karya Alpha Omega, insyallah amal bakti ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :