Ciamis, Yayasan Global Village Foundation Bali melalui Dinas Sosial (DINSOS) Kabupaten Ciamis menyalurkan bantuan Kursi Roda Adaptip untuk penyandang Disabilitas Civi di Kabupaten Ciamis.

Penyaluran kursi roda tersebut dilakukan di halaman kantor DINSOS Ciamis dengan jumlah 126 unit kursi roda yang dilaksanakan selama Empat (4) Hari, Rabu (21/06/2023).

Putu Yanuarda selaku Ketua NGO menerangkan, Program pemberian kursi roda Adaptif ini dilaksanakan di dua tempat Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Ciamis yang dikhususkan untuk anak di bawah umur 12 Tahun ke bawah..

“Ini khusus untuk anak dengan dengan kriteria disabilitas berat, untuk hari ini kita menyalurkan 30 unit dulu dikarena keterbatasan orang untuk melakukan pemasangan kursi roda nya,” ucapnya

Selain pemberian Kursi Adaptif, NGO melakukan terapi khusus bagi anak penderita Civi yang nanti nya akan diajarkan kepada orang tua nya untuk melakukan terapi di rumah.

” Ada terapi khusus juga yang dilakukan dalam acara ini yang dilakukan oleh orang Australia, yang nanti diajarkan kepada orang tua nya,” ucap Putu.

Lanjut Putu, pemberian kursi roda ini dilakukan di Ciamis karena adanya permintaan dari serta adanya dukungan permintaan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan peran serta komunitas yang menaungi Disabilitas.

“Tentunya terimakasih kepada komunitas, TKSK dan peran serta Dinsos Ciamis yang telah mendukung kegitan ini sehingga berjalan dengan lancar dan tepat sasaran,”ujarnya

Ditempat yang sama Dodo Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas (PPDI) Kabupaten Ciamis menyampaikan terimakasih kepada pihak NGO terutama Dinsos Ciamis yang mempasilitas acara ini.

” Terimakasih kepada dinsos ciamia yang bisa mempasilitas kami orang berkebutuhan khusu untuk bisa mendapatkan bantuan kursi roda dari pihak Yayasan NGO,” ucapnya

Selian itu, Dodo juga berharap selain bantuan kuris roda ada juga bantuan lainya untuk pembantu Disabilitas lainya.

“semoga untuk kedepannya ada juga bantuan seperti alat pendengaran untuk tuna rungu, tongkat putih untuk tuna netra,” Ungkapnya

Dalam pelaksanaan nya, perangkaian kursi toda serta terapi refleksi dilakukan oleh orang profesional dari Negara Australia.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Kepala Dinas Sosial Ciamis Eka mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah disalurkan oleh NGO Global Vilage Foundation untuk anak difabel di Ciamis.

“Alat bantu kursi roda anak adaptif ini sangat bermanfaat, dengan begitu anak disabilitas bisa beradaptasi dengan dunia luar ” kata Eka.

Eka berharap bantuan dari NGO Global Vilage Foundation itu bermanfaat bagi para anak difabel dan kedepan bisa menyalurkan bantuan yang lainnya untuk para difabel di Kabupaten Ciamis.

“Ini sesuai dengan instruksi pak bupati Ciamis kita harus memberikan pelayanan publik yang optimal, termasuk pelayanan untuk masyarakat disabilitas,” ucapnya.

Sumber : ressa fakta

Share This :