Ciamis,- Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis H. Dondon Rudiana hadiri sekaligus buka acara Bimbingan Teknis Tahap 1 Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Ciamis pada Rabu, 21 Juni 2023.

Sebagai narasumer pada Bimtek tesebut Teddy Sukardi selaku ketua Ikatan Konsultasi IT Indonesia dimana pada kesempatan ini menjadi Pembimbing Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Ciamis dari Kemkominfo dengan peserta yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh OPD di kabupaten Ciamis. Acara Bimtek ini akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Rabu, 21 Juni 2023 sampai dengan Kamis, 22 Juni 2023 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Ciamis.

Sekda Kabupaten Ciamis dalam Sambutannya yang diwakili oleh Asda 3 mengatakan bahwa ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Ciamis yang telah berkesempatan mendapatkan program pendampingan Masterplan Smart City secara langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Oleh karenanya, kepada narasumber, pembimbing, tenaga Alhi dari Kemkominfo, kami mohon arahan dan bimbingannya. Diharapkan dengan adanya pendampingan ini seluruh OPD yang ikut serta dapat melaksanakannya dengan sebaik mungkin, sehingga kedepannya Kabupaten Ciamis dapat mewujudkan apa yang telah disusun dari Masterplan Smart City ini” terangnya.

Hal tersebut juga sejalan dengan keinginan dan tujuan Bupati Ciamis yang ingin menjadikan Kabupaten Ciamis sebagai Kota Cerdas. “Dengan adanya program ini, kami ingin mewujudkan Kabupaten Ciamis sebagai Kota yang Cerdas” ungkapnya.

Sementara itu, Teddy Sukardi menjelaskan bahwa Smart City ini bukan soal teknologi saja melainkan memiliki definisi yaitu Perkotaan atau suatu wilayah yang mengatasi permasalan dan memenuhi kebutuhannya melalui inovasi yang berkelanjutan dengan memperhatikan keseimbangan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Share This :