CIAMIS, – Kloter terakhir calon jemaah haji Kabupaten Ciamis resmi dilepas oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Gedung KH. Irfan Hielmy pada Rabu (21/06/2023) pukul 10.30 WIB.

Kloter 73 JKS yang terdiri atas 72 calon jemaah haji ini menjadi kloter terakhir yang diberangkatkan dari Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis berpesan kepada para calon jemaah haji untuk tetap menjaga stamina ketika menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Menurutnya, ibadah haji ini merupakan ibadah yang memerlukan fisik yang kuat dan prima, selain itu keadaan cuaca di Mekah berbeda dengan di tanah air.

“Bapak ibu harus bisa menjaga staminanya masing-masing, makan dan minum yang banyak, supaya lancar dalam menjalankan ibadahnya, ” ucap Bupati.

Bupati Herdiat juga menyampaikan bahwa kloter terakhir ini merupakan kuota tambahan, sehingga para calon jemaah haji di kloter ini benar-benar mempersiapkan pemberangkatannya dalam waktu yang lumayan singkat.

“Dari hasil kuota tambahan ini ada 72 orang yang berangkat, ini luar biasa walaupun mungkin persiapannya sangat mendadak dalam waktu satu minggu baik perbekalan, pakaian, makanan namun alhamdulillah bisa selesai, ” tuturnya.

Ia turut mendo’akan agar para calon jemaah haji Ciamis dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan dapat kembali lagi ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

“Atas nama pemerintah kami turut mendoakan, semoga dapat melaksanakan segala rukun haji dengan lancar dan mudah-mudahan para jemaah semua dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Ciamis Drs. H. Usep Saepudin Muhtar dalam laporannya mengatakan bahwa kloter 73 JKS ini merupakan kloter terakhir dari Kabupaten Ciamis yang pemberangkatannya bergabung dengan beberapa kabupaten kota.

“Calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 73 JKS sebanyak 72 orang terdiri dari 32 laki-laki dan 40 perempuan dan akan bergabung dengan jemaah haji dari Kabupaten Pangandaran, Kota Bogor, Kota Banjar dan Bekasi,” ucapnya.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :