Kabupaten Ciamis,- Kegiatan peningkatan kapasitas SDM Bumdes/Bumdesma LKD tingkat Kabupaten Ciamis yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis berlangsung di Gedung K.H. Irfan Hielmy Lingkungan Islamic Center Ciamis dan dibuka langsung oleh Bupati Ciamis Hediat Sunarya pada Kamis, 22/06/23.

Adapun yang menjadi tema pada kegiatan tersebut kali ini adalah “PELUANG USAHA BUMDES/BUMDESMA LKD MASA KINI”.

Dalam isi sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memaparkan terdapat beberapa strategi yang telah dan akan dilaksanakan dalam penguatan Bumdesa/Bumdesma LKD untuk kenaikan status Bumdesa/Bumdesma LKD di Kabupaten Ciamis, Adapun diantaranya yaitu :

1.) Revitalisasi Bumdesa dan Bumdesma LKD, dalam hal ini diharapkan seluruh Bumdesa dan Bumdesma LKD di Kabupaten Ciamis segera melaksanakan revitalisasi sesuai PP 11 Tahun 2021 baik dari sisi kelembagaan, SDM pengelola maupun penyesuaian jenis usahanya sesuai potensi lokal desa.

2.) Penyusunan produk hukum daerah yang mendukung terhadap penguatan kelembagaan Bumdesa dan Bumdesma LKD berupa Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa dan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2022 tentang pedoman pengelolaan keuangan Bumdesa dan Bumdesma di Kabupaten Ciamis.

3.) Mengadakan kerjasama dan kemitraan untuk penguatan promosi, membuka jejaring pasar dan saluran distribusi, peningkatan investasi, dan penguatan kapasitas pengelola bumdesa.

4.) Pemanfaatan dana desa untuk mendukung pengembangan usaha ekonomi desa bagi Bumdesa dan Bumdesma LKD.

5.) Mengadakan pelatihan bagi Bumdesa dan Bumdesma LKD, seperti yang sudah dilaksanakan ditahun 2021 dan tahun 2022 yaitu pelatihan pengelolaan keuangan Bumdes berbasis SIA (Sistem Informasi Akuntansi) Bumdes, business planning, dan pelatihan lainnya sesuai kebutuhan Bumdesa. Bebernya.

Selanjutnya, dari kelima hal tersebut bupati menitipkan kepada para Direktur untuk selalu menjaga ketelitian dan kehati-hatian dalam pengelolaan Bumdes Bumdesma karena berkaitan dan beresiko dengan hukum. Tegasnya

Lebih lanjut, dihadapan seluruh yang hadir Bupati Herdiat juga tidak lupa memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya terutama untuk para Direktur Bumdes/Bumdesma LKD dan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Ciamis.

“alhamdulillah Bumdes/Bumdesma yang secara merangkak mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ciamis ini sangat luar biasa, apalagi di data statistik LPJ Tahun 2020 lalu mengalami minus 0,14% karena adanya pandemi Covid-19. Tahun 2021 merangkak naik meskipun lambat dan mencapai angka 5,02%. Tentu peran Bumdes/Bumdesma LKD ini sangat berperan sekali.” Ungkapnya.

Sambungnya, Bupati Herdiat juga memberikan apresiasi kepada para Kepala Desa yang telah mensuport dan mendorong Bumdesa/Bumdesma agar lebih aktif lagi.

”saya harap kepada para Kepala Desa tidak bosan untuk mensupport dan mendorong Bumdes/Bumdesma. Alhamdulillah dari 250 Desa di K abupaten Ciamis semuanya sudah berdiri Bumdes/Bumdesma.” Tambahnya.

Kadis PMD Kabupaten Ciamis Ape Ruswandana dalam laporannya menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi BUM Desa dan Bumdesma LKD Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2023 adalah untuk meningkatkan peran serta dan kontribusi BUM Desa /Bumdesma LKD dalam pemulihan ekonomi pasca pendemi COVID-19 sebagai representasi pemerintah desa yang wajib hadir dalam masa sulit, seperti BUM Desa /Bumdesma LKD melakukan konsolidasi lembaga, serta refleksi keadaan dan melakukan transformasi organisasi, orientasi dan eksistensi.

Ya, tentunya ini untuk memberikan motivasi supaya Bumdes dan Bumdesma LKD mampu mengembangkan strategi bisnis baru di era masa kini yang selanjutnya pemerintah desa ikut serta memberikan dukungan terhadap pengembangan BUM Desa /Bumdesma LKD di masing-masing wilayahnya serta dukungan penyertaan modal melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Jelas Ape

”selain itu juga kegiatan ini untuk mempermudah pengambilan keputusan oleh Pimpinan dalam melakukan kebijakan revitalisasi dan pengembangan BUM Desa /Bumdesma LKD di Kabupaten Ciamis.” Imbuhnya

Terakhir, Ape mengatakan hasil dari Peningkatan Kapasitas ini, diharapkan dapat hadirnya BUM Desa /Bumdesma LKD yang berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya masalah ekonomi desa , dan BUM Desa /Bumdesma LKD sebagai tulang punggung perekonomian mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa, meningkatnya kualitas kelembagaan, manajeman, usaha dan pelaporan keuangan BUM Desa di Kabupaten Ciamis, terjalinnya kerjasama dan kemitraan untuk penguatan promosi, membuka jejaring pasar dan saluran distribusi, peningkatan investasi dan penguatan kapasitas pengelola Bumdesa. Tandasnya

Turut hadir pada acara tersebut sebanyak 558 orang yang terdiri dari Asisten II Setda Kabupaten Ciamis, Unsur Komisi A DPRD Kab. Ciamis, unsur OPD Terkait, unsur Tenaga Ahli P3MD, Kepala Desa (selaku Penasehat Bumdes/Bumdesma LKD), para Direktur Bumdes dan Direktur Bumdesma.