Kabupaten Ciamis,- Gelar Pasar Murah (GPM) yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis merupakan bagian dari program Badan Pangan Nasional (BPN) yanb diluncurkan secara serentak nasional secara daring di 341 titik, 300 kabupaten dan kota diseluruh Indonesia salah satunya Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Ciamis Hendra Suhendra saat membuka kegiatan GPM secara resmi di halaman pelataran kantor DPKP Ciamis pada Senin, 26/06/23.

Untuk diketahui, selain menjajakan pangan murah, yang berbeda pada kegiatan GPM kali ini tergabung juga pelayanan dari Disdukcapil Ciamis, Dishub Ciamis, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kemeterian Agama RI, layanan SIM keliling dari Polres Ciamis dan Samsat Keliling.

Disampaikan Asda 2 Setda Kab. Ciamis, Hendra Suhendra mengatakan kegiatan GPM ini merupakan salah satu aksi nyata upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Ciamis. Selain untuk mengurangi dampak kenaikan harga pangan penjelang HBKN Idul Adha.

Hendra juga mengharapkan, kegiatan GPM ini mampu memfasilitasi penyediaan dan penyaluran komoditas pangan dari pemasok atau produsen, pelaku usaha atau petani sedia tersedia bahan pangan pokok dengan harga yang wajar dan berkualitas bagi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Asda 2 Hendra juga memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada dinas atau instansi dan lembaga terkait baik yang berperan langsung dalam kegiatan GPM maupun kegiatan pendukungnya yaitu pelayanan publik, kepada para pelaku usaha UMKM, kelompok tani dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi aktif mensukseskan acara tersebut.

Dipenghujung acara, Hendra juga menginformasikan bahwa kegiatan GPM ini secara virtual dahiri oleh Gubernur Bank Indonesia, Menko Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Pertanian dan juga Menteri Perdagangan.

Ya, ini menunjukan bahwa setiap unsur harus saling mendukung dalam upaya menjalankan 4 strategi kunci pengendalian inflasi yaitu menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan juga komunikasi yang efektif. Tandasnya.

Hadir secara offline, Asda Bid. Perekonomian dan Kesra Setda Kab. Ciamis Hendra Suhendra, Kadistanpang Kab. Ciamis Slamet Budi Wibowo, Kepala Bappeda Kab. Ciamis David Firdha,  Sekdis Kominfo Kab. Ciamis Dadan, Sekdis Perhubungan Kab. Ciamis, Kalak BPBD, Kaban BPKDK, Kaban Bapenda, Kadinsos dan Kadis Peternakan.

Share This :