Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri musyawarah kabupaten Kamar Dagang dan Industri (KADIN) tingkat Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan di Aula Hotel Tyara Plaza Ciamis. Senin, 24/07/23.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Ciamis H. Yana D. Putra, Ketum KADIN Jabar Cucu Sutara, Ketua Karateker KADIN Ciamis Deni Yunizar, anggota DPRD Provinsi Jabar H. Heri Dermawan dan para pengusaha tamu undangan.

Mengawali sambutannya, Bupati Herdiat memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada kepengurusan KADIN sebelumnya bersama jajaran atas dedikasi pengabdiannya untuk Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya, Bupati mengatakan Ciamis ini mempunyai potensi yang luar biasa, tanahnya luas, subur dan air yang melimpah, sehingga tinggal bagaimana sumber daya manusia yang ada di Ciamis dapat dengan betul memanfaatkannya.

“Alhamdulillah saat ini Kabupaten Ciamis dari potensi alam pada peringkat ke-5 sebagai pensuplai beras di Jabar, pensuplai ayam dan telor peringkat ke-2 se Jawa Barat, selain itu juga secara geografis Kabupaten Ciamis terdapat 2 dataran tinggi dan dataran rendah sehingga banyaknya ketersediaan sayur-sayuran di ciamis”, bebernya.

“Ya, dari awal saya ingin mencoba merubah mindset para petani peternak di Ciamis ini lebih dari 1.000 ton kopi setiap panennya, alhamdulillah berbagai kemasan kopi sekalipun masih home industri kita sudah bisa menjual”, imbuh Bupati.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa selain itu juga banyak jenis sayuran dari Ciamis dan terpantau begitu banyaknya truk-truk yang berlalu lalang setiap panenya untuk dijual ke luar kota.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menginformasikan sampai saat ini masih terdapat beberapa produk-produk hasil alam yang masih setengah jadi, seperti halnya jagung yang sebetulnya bisa diolah menjadi pakan, daging ayam yang bisa diolah di ciamis untuk dijadikan produk sosis. Jika mampu memproduksi paling tidak ini akan mengurangi pengangguran.

“Saya akan suport dan dukung semua perijinannya, semoga dengan adanya KADIN Ciamis kita bersama Pemda bisa bersama-sama membangun Ciamis”, pungkasnya.

Share This :