KABUPATEN CIAMIS, — Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra Buka secara resmi Seminar Kesehatan dengan tema Urgensi Edukasi Reproduksi dalam Membangun Ciamis Sehat, pada Selasa (15/08/2023) bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis.

Acara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis tersebut berangkat dari permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi khususnya yang dialami remaja, sehingga perlu dilakukan upaya dalam menyiapkan remaja dalam menjalani kehidupan reproduksi sehat, dan bertanggung jawab.

Seminar tersebut diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda, Kepala OPD, para Camat, Kepala Puskesmas, TP-PKK, perwakilan Guru, serta peserta lainnya.

Mengawali sambutannya, Wabup Ciamis menyampaikan permohonan maaf dikarenakan Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat tidak dapat hadir.

“Salam dari pa Bupati, mohon maaf yang sebesar besarnya tidak dapat hadir pada kesempatan yang berbahagia ini, dikarenakan beliau sedang sakit,” Ujar Wabup Yana.

Kemudian membahas tentang urgensi edukasi reproduksi, Wabup Yana mengatakan bahwa edukasi reproduksi ini dipandang sangat perlu.

“Bukan untuk kita, tetapi untuk generasi Ciamis dimasa yang akan datang,” Terang Wabup Yana.

Lebih lanjut Wabup Yana mengamanatkan tentang urgensi edukasi reproduksi jangan sampai jadi melegalkan reprodiuksi bagi remaja yang belum menikah.

“Saya berharap edukasi reproduksi untuk remaja ini bukan untuk melegalkan bereproduksi diluar nikah,” jelasnya.

“Apapun alasannya dan caranya reproduksi diluar nikah haram,” Imbuh Wabup.

Wabup juga menyampaikan terimakasihnya kepada Dinas terkait atas kontribusi salah satunya terhadap edukasi reproduksi bagi remaja.

“Terimakasih Dinas Kesehatan, Dinas DP2KBP3A Kabupaten Ciamis atas berjalannya program yang direncanakan, tentunya semua ini demi Generasi Ciamis yang sehat di masa yang akan datang,” Pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kab. Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan seminar kesehatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana mempersiapkan kehamilan yang sehat, tentang penanganan kekerasan seksual pada anak, serta tentang pola asuh guru dalam mendidik generasi unggul yang berkualitas

Sementara untuk narasumber pada seminar terebut, Sekda Ciamis lebih lanjut mengatakan bahwa pemda Ciamis menghadirkan tiga orang narasumber sebagai pembicara utama.

“Yaitu dr. Achmad Mediana, Sp.OG selaku owner AMS dan praktisi kesehatan, Ibu Vera Fillinda Agustiana Dewi, Sh., Mh. , selaku Sekretaris P2TP2A, dan dr. H. Fadlil Yani AS, M. Ag. selaku Ketua ICMI Kabupaten Ciamis,” Terangnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan dari Bupati Ciamis yang diserahkan Wakil Bupati Ciamis kepada dr. Achmad atas kepeduliannya sosial di bidang kesehatan.

PROKOIM CIAMIS

Share This :