Kabupaten Ciamis, — Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis pimpin upacara pelepasan peserta Gerak Napak Pancer (GNP) Lintas Kota Tahun 2023, pada Sabtu (26/08) bertempat di halaman Sekretariat Kwarcab Ciamis.

Acara tersebut merupakan gelaran pertama yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis.

GNP Lintas Kota 2023 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 dengan mengusu tema “sumber daya manusia yang profesional dan proporsional” diharapkan dapat membangun citra positif gerakan pramuka dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang dilengkapi keahlian, bertanggung jawab, kejujuran, berkeadilan, kepatutan, kesederhanaan, kesanggupan berkorban, kesetiakawanan sosial, dan peduli terhadap lingkungannya.

Dalam amanatnya Bupati Herdiat berpesan agar acara perlombaan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.

“Selain guna mengukur skill bapa ibu, manfaatkan juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota Gerakan Pramuka Dewasa yang berada di wilayah Kwartir Cabang Ciamis,” terangnya.

Bupati juga berpesan dan mengajak agar gerakan pramuka harus tetap berkembang dan para anggotanya harus mampu menjawab semua tantangan zaman.

“Juga jiwa saling menolong antar sesama merupakan suatu keharusan bagi anggota gerakan pramuka,” imbuhnya.

Kemudian sebelum melepas para peserta lomba Bupati Herdiat juga berpesan agar saling menjaga antar satu sama lain.

“Jaga keselamatan diri pribadi dan kelompok, mudah mudahan acara ini berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan yang kita bersama harapkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis H. Nanang Permana, M.H dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta GNP LK 2023 merupakan Anggota Grakan pramuka Usia Dewas.

“Para peserta ini merupakan perwakilan dari 26 Kecamatan/Kwartir Ranting yang berda di Kabupaten Ciamis, terdiri dari 1 Regu Putra dan 1 Regu Putri dari setiap kwarrannya,” Tambah Ketua Nanang.

Sementara untuk perlombaan yang digelar pada acara tersebut berbentuk Haiking Rally yang di dalamnya ada pos yang menguji setiap peserta berupa pertanyaan tentang Kepramukaan, PBB Tongkat dan lainnya.

Kemudian untuk waktu pelaksanaan lebih lanjut Ketua Nanang Melaporkan akan dilaksanakan dalam 1 hari.

“Acara ini diselenggarakan pada 26 Agustus 2023, dan bertempat di Sekretariat Kwarcab Ciamis dan sekitanya,” Pungkasnya.

Setelah selesai Upacara Pembukan Bupati Herdiat bersama Ketua Kwarcab Bersama melepas Peserta Haiking Rally.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :