Kabupaten Ciamis,- Wakil Bupati Ciamis buka secara resmi Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2045. ,pada Selasa (05/09/2023) bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis.

Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan melaksanakan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ciamis tahun 2025-2045 dengan output yang akan dihasilkan berupa rancangan awal RPJPD.

Wabup Ciamis dalam sambutannya menyatakan bahwa Kegiatan Kick Off Meeting yang dilaksanakan merupakan langkah awal dimulainya proses dan tahapan penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Tahun 2025-2045.

”Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan dalam penyusunan dokumen RPJPD sesuai dengan peraturan dan kaidah dalam perumusan kebijakan pembangunan jangka Panjang,” lanjutnya.

Kemudian Wabup juga mengutarakan harapannya agara Dalam penyusunan RPJPD hendaknya juga harus mampu mengantisipasi dan memperhatikan berbagai dinamika dan perubahan zaman yang terus berkembang, baik dalam tataran lokal, regional, nasional maupun global.

“Tetapi juga jangan dilupakan bahwa Ciamis ini merupakan daerah agraris, jadi saya titipkan untuk pengembangan dan penguatan ketahanan pangan di Kabupaten Ciamis harus lebih dikembangkan,” ungkapnya.

“Karena kita belajar dari adanya Pandemi Covid kemarin, bahwa betapa pentingnya ketahanan pangan guna kestabilan hidup masyarakat,” Pungkasnya.

Pada acara ini juga dihadiri oleh narasumber dari Kementerian Dalam Negeri serta Bappeda Provinsi Jawa Barat dalam rangka penyampaian tata cara penyusunan RPJPD dan sinkronisasi antara arah kebijakan pembangunan nasional, Provinsi Jawa Barat serta Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd menerangkan bahwa Kick Off Meeting penyusunan RPJPD tersebut sebagai acuan atau panduan Kerja untuk 20 Tahun Mendatang.

“Penyusunan RPJPD sebagai panduan kerja mulai dari persiapan hingga ditetapkannya rancangan peraturan daerah tentang dokumen RPJPD Kabupaten Ciamis tahun 2025-2045,” Jelasnya.

Hadir pada juga pada Kick Off Meeting penyusunan RPJPD tersebut Ketua DPRD Kabupaten Ciamis H. Nanang Permana, M.H. , Para Kepala SKPD, Para Camat Se-Kabupaten Ciamis dan juga peserta lainnya baik secara luring ataupun daring.

Share This :