KABUPATEN CIAMIS,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan arahan pada ASN yang berada di 3 Kecamatan dalam agenda peningkatan kapasitas aparatur kecamatan dan desa di Aula Gedung Ponpes Darussalam Ciamis Rabu,(26/09/23).

3 kecamatan yang mendapat kesempatan mendapatkan arahan peningkatan kapasitas aparatur diantaranya Kecamatan Cidolog, Kecamatan Cimaragas dan Kecamatan Cijeungjing beserta kepala desa dan perangkat desanya masing-masing yang berada di lingkup kecamatan masing-masing.

Dalam arahannya Bupati Herdiat mengaku sangat bangga memiliki aparatur serta kepala desa beserta perangkatnya di Kabupaten Ciamis yang memberikan pelayanan primanya kepada masyarakat.

“Layani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ungkap Bupati Herdiat

Bupati Herdiat juga mengungkapkan bahwa saat ini ada sekitar 8 sampai 9 kecamatan di Kabupaten Ciamis yang sudah mengalami kekeringan dan harus di suplai air bersih secara intens,

“Pandai-pandai menghemat air bersih, waspada terhadap potensi kebakaran baik lahan, kebun dan rumah,” arahan Bupati Herdiat Kepada seluruh aparatur yang hadir

“Para camat dan kepala desa tolong disosialisasikan terkait kemarau panjang dan potensi kebakaran ini,” lanjut Bupati

Bupati juga mengingatkan pada seluruh aparatur bahwa di tahun ini sudah memasuki tahun politik diharapkan para kepala desa dan ASN harus betul-betul bijak dan netral dalam menghadapi pesta demokrasi baik Pilpres maupun Pileg.

“Berikan contoh dan jadi panutan di tengah-tengah masyarakat di tahun 2024 nanti di Pilpres Maupun Pileg,”

Bupati Herdiat juga menjelaskan Program prioritas pemerintah daerah dari 2022 yaitu pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi yang begitu sangat berpengaruh terhadap seluruh sendi kehidupan termasuk APBDdimana Bupati menjelaskan bahwa APBD Kabupaten Ciamis dipangkas lebih dari 1 triliun selama 3 tahun ini, baik saat pandemi maupun pasca pandemi.

“Pemangkasan anggaran tersebut sangatlah besar bagi Kabupaten Ciamis,”

Bupati juga terus memprioritaskan Gaji tunjangan atau Siltap para Kepala desa beserta perangkat, termasuk tunjangan bagi ASN meski di masa sulit sekalipun yang dirasakan seluruh daerah di Indonesia.

Bupati pun terus berupaya lakukan Penurunan angka kemiskinan yang mana angka kemiskinan dan pengangguran bertambah selama pandemi dan pasca pandemi,

Bupati Herdiat juga menjelaskan bahwa saat ini Indonesia termasuk Kabupaten Ciamis masih terus berupaya dalam menurunkan angka stunting, dimana program new zero stunting menjadi target Indonesia di tahun 2024 termasuk Kabupaten Ciamis.

Share This :