Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis yang digelar pada Rabu (29/09/2023).

Rapat tersebut bertujuan untuk menjelaskan Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2023.

Dalam pengantarannya, Bupati Herdiat Sunarya mengingatkan bahwa hampir semua daerah, termasuk Kabupaten Ciamis, mengalami defisit dalam struktur APBD mereka. Oleh karena itu, proses penyusunan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2023 harus dilakukan secara ekstra selektif dan cermat.

Bupati menekankan akan pentingnya menjaga kondisi fiskal daerah dengan berbagai solusi, termasuk pengendalian belanja APBD yang optimal serta sinergitas dan kolaborasi efektif dari semua pihak terkait.

“Pendapatan daerah pada rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2023 mencapai Rp. 2,765 triliun, meningkat sebesar Rp. 402 miliar atau 17,03% dari target pendapatan pada APBD murni tahun anggaran 2023,” Ucapnya.

Perubahan pendapatan ini berasal dari kenaikan target pendapatan asli daerah (PAD) dan penerimaan transfer baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, alokasi belanja daerah pada rancangan perubahan APBD mencapai Rp. 3,019 triliun, naik sebesar Rp. 452 miliar atau 17,62% dari alokasi belanja pada APBD murni tahun anggaran 2023. Belanja ini mencakup belanja operasi dan belanja modal.

Dari perbedaan antara pendapatan dan belanja, terdapat defisit sebesar Rp. 254,2 miliar yang akan ditutupi melalui pembiayaan netto sebesar Rp. 254,2 miliar, sehingga anggaran daerah tahun 2023 mencapai keseimbangan.

Terakhir Bupati Herdiat menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2023 untuk dibahas lebih lanjut dan diharapkan dapat segera ditetapkan sebagai peraturan daerah.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kelancaran, bimbingan, petunjuk, dan perlindungan bagi semua pihak yang terlibat. Aamiin ya Robbal Alamiin, ” Pungkasnya

Share This :