KABUPATEN CIAMIS, — Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya buka secara resmi pelatihan manajamen masjid dan peningkatan kapasitas remaja masjid, pada Rabu (27/09/2023) di Aula Disdik Kabupaten Ciamis.

Acara tersebut digelar oleh Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis guna memberikan pemahaman bagaimana cara mengurus masjid yang baik dan benar bagi DMI Kecamatan baik secara administrasi atau pun aspek lainnya.

Acara pelatihan tersebut diperuntukan bagi Pengurus Cabang (PC)/Tingkat Kecamatan DMI se Kabupaten Ciamis dan Ikatan Remaja Masjid (IRM).

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat menyampaikan bahwa masjid merupakan sarana pribadatan bagi umat muslim.

“Maka tentunya saya setuju dan mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini,” katanya.

Kemudian Bupati Herdiat mengatakan bahwa di Kabupaten Ciamis terdapat 4.000 lebih masjid dan mushola yang menjadi sarana ibadah bagi umat muslim.

“Tetapi pelatihan ini jangan hanya berbicara tentang jumlah sarana-prasarana yang ada,” ujarnya.

“Kalau soal pembangunan fisik itu gampang, gotong royong masyarakat selesai, tapi bagaimana kita dapat mengisi dan memakmurkan masjid itu sendiri, itu yang menjadi tugas kita semua” imbuhnya.

Lebih lanjut beliau menerangkan bahwa pembangunan yang lebih penting adalah pembangunan mental dan akhlak para generasi yang akan datang.

“Pembangunan mental dan akhlak masyarakat termasuk anak- anak harus diperhatikan. Karena kemaksiatan hampir terjadi dimana-mana dan tidak dibatasi oleh usia,” ucapnya.

“Mudah mudahan melalui pelatihan ini mampu memberikan dorongan bagi generasi muda, supaya Ciamis lebih baik lagi,” pungkasnya

PROKOPIM CIAMIS

Share This :