Dalam rangkaian WJAOR XXII 2023, IMI Pengcab Ciamis mengadakan Silaturahmi dengan insan otomotif yang dikemas dalam acara Kopdar Gabungan Komunitas dan Club Roda 2 dan Roda 4 bertempat di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis.

Terdapat beberapa acara pada Kopdar Gabungan ini, selain hiburan ada juga event Slalom dan kontes kendaraan Roda 2 dan Roda 4 yang diikuti oleh beberapa komunitas dan club di Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan ini, IMI Pengcab Ciamis juga memperkenalkan Pengurus periode 2023 – 2025, hal ini disampaikan Teten sebagai Ketua Harian yang didampingi oleh beberapa Kepala Bidang IMI Pengcab Ciamis. Dalam perkenalan ini, Teten juga menjaring aspirasi dan masukan dari komunitas dan club yang hadir. Hal ini disampaikan Teten sebagai bahan introspeksi dan perbaikan pengurus baru IMI Pengcab Ciamis periode 2023 – 2025.

Dalam rangkaian silaturahmi ini juga terdapat acara sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis tentang Parkir Berlangganan yang disampaikan oleh Slamet Taher sebagai Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis.

Slamet menjelaskan bahwa sesuai dengan Perda nomor 7 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Perda Kabupaten Ciamis nomor 13 tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum, Parkir berlangganan adalah Retribusi parkir yang dipungut selama 1 tahun atau sama dengan masa berlaku pajak kendaraan bermotor yang bersangkutan sebagai pembayaran atas penyediaan dan/atau pelayanan tempat parkir di tepi jalan umum yang disediakan oleh Pemerintah Daerah. Kebijakan ini merupakan program kerja Pemda Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor retribusi parkir dengan menerapkan pola pemungutan dan manajemen pengelolaan yang efektif dan efisien.

Slamet berharap dengan silaturahmi Kopdar Gabungan komunitas dan club ini, para komunitas dan club dapat menjadi peserta parkir berlangganan Kabupaten Ciamis sebagai wujud dukungan terhadap program kerja dan meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Ciamis.

Di akhir acara, Teten mengajak kepada komunitas dan club yang hadir dapat sama-sama mendukung program parkir berlangganan ini, menurutnya dengan jumlah komunitas dan club di Kabupaten Ciamis yang berjumlah 180an dengan anggota yang mencapai ribuan akan sangat berdampak memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis melalui parkir berlangganan ini.

Share This :