Kabupaten Ciamis, – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Ciamis, yang digelar di halaman Pendopo Bupati pada Minggu (01/10/2023).

Upacara ini diselenggarakan untuk mengenang dan memperingati nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Tema yang diusung dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.”

Dalam pesannya setelah upacara, Bupati Herdiat Sunarya menekankan pentingnya pemahaman generasi muda terhadap nilai dari Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai pengikat kekuatan bangsa Indonesia.

“Generasi muda harus memahami bahwa Pancasila adalah harga mati bagi kita semua, dan mereka dapat lebih memahami betapa pentingnya Pancasila dalam kehidupan kita,” kata Bupati.

Bupati Herdiat juga mencatat bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memperkuat ideologi Pancasila, khususnya di kalangan generasi muda dan pelajar.

Upaya ini mencakup pendidikan dengan mengadakan diklat 4 pilar kebangsaan yang bertujuan untuk lebih mendalami tentang makna dan arti Pancasila.

“Penguatan ideologi Pancasila dilaksanakan di hampir setiap sekolah melalui narasumber yang kompeten, sehingga para pelajar dapat memahami, menghargai, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Bupati.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum penting untuk memperingati nilai-nilai dasar negara yang menjadi pondasi bagi bangsa Indonesia.

“Melalui pemahaman dan komitmen terhadap Pancasila, diharapkan generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang memajukan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik,” pungkas Bupati.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :