Kabupaten Ciamis, -Tepat pada tanggal 5 Oktober 2023 Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari jadi yang ke-78 dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Untuk di Kabupaten Ciamis, Upacara peringatan HUT TNI ini digelar secara khidmat di Halaman Pendopo Bupati pada Kamis (05/10). Turut hadir Walikota dan Wakil Walikota Banjar, Jajaran Forkopimda Ciamis dan Banjar beserta para tamu undangan lainnya.

Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P, M.I, Pol., bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan amanat panglima TNI Jenderal Yudo Margono.

Dalam amanatnya tersebut Panglima TNI mengungkapkan berdasarkan hasil survei dari lembaga survei di tanah air TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan,” kata Panglima TNI dalam amanat tertulis.

Ditegaskan Panglima TNI, sesuai tema HUT ke-78 kali ini, yaitu “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” maka sangat diharapkan kepada seluruh prajurit TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan,” ujar Yudo Margono.

Diakhir amanatnya Panglima TNI memberikan beberapa penekanan yakni,

-Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas.

-Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

-Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

-Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan Polri, kementerian atau lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk.

-Kelima, jaga nama baik TNI dimana pun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

“Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi setiap langkah pengabdian kita, demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju,” pungkasnya.

Selepas upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan, serta pemberian hadiah Desa terbaik di Kabupaten Ciamis san Banjar, yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Ciamis beserta jajaran.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :