Kabupaten Ciamis,-  Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada saat mengikuti prosesi Adat Merlawu di Situs Kabuyutan Gandoang yang berlokasi di Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih pada Jum’at, 06/10/23.

Untuk diketahui, tradisi merlawu sendiri digelar setiap setahun sekali pada bulan Rabiul Awwal yang di isi dengan tawasulan dan berdoa di Makam Syekh Padamatan, seorang tokoh yang berjasa untuk kemajuan Desa Wanasigra kala itu.

Menyambut masyarakatnya, mengawali sambutannya Bupati Herdiat mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa hadir kembali bersama masyarakat dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah sangat bahagia di hari ini bisa bersilaturahmi langsung bersama masyarakat Desa Wanasigra pada khususnya, terimakasih atas segala sambutannya. Adat Merlawu ini merupakan salahsatu tradisi syukuran kepada Allah SWT, ini bukan penyembahan akan tetapi melestarikan dan merawat situs budaya peninggalan para leluhur serta terutamanya telah diberikan kesehatan dan keselamatan”.

“Selain itu, budaya ini tentunya harus terus dirawat, dipelihara dan terus ditingkatkan untuk mensyukuri, mendoakan para sesepuh kita terdahulu semoga arwahnya diterima disisi Allah Subhanahu Wata’ala,” ucapnya.

“Ya, tugas kita salah satunya adalah merawat peninggalannya, bangga sekali kepada masyarakat Desa Wanasigra yang sudah rutin menjaga terutama kebersihan, keamanan di lingkungan sekitar situs, ini harus selalu dirawat oleh kita semua, ini merupakan peninggalan kasepuhan kita semuanya,” ajaknya.

Dalam momen tersebut, berkaitan dengan tahun politik, bupati menghimbau agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

“Hati-hati kepada semua masyarakat, dalam pesta demokrasi ini jangan sampai gontok-gontokan sekalipun berbeda-beda pilihan namun semua masyarakat harus bisa menikmati pesta demokrasi ini agar bisa berjalan aman, tertib dan lancar.”

“Jangan ada perpecahan sekalipin berbeda pilihan, utamanya saya menitip keamanan dan ketertibannya, insyaAlloh tanggal 14 februari 2024 akan dilaksanakan Pilpres, Pileg, semoga pilihan kita semua sesuai dengan harapan semuanya, serta semoga semuanya sehat, panjang umur dan dilimpahkan rejeki,” singkatnya.

Sementara disampaikan Pengurus Situs Kabuyutan Gandoang, Rd. Suparman MD mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta jajaran atas kedatangannya.

“Jarang sekali hanya setahun sekali kita bertemu di situs Kabuyutan Gandoang ini, saya pribadi sekaligus mewakili masyarakat mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Ciamis beserta seluruh jajaran dari pemerintahan yang telah berkenan hadir pada acara ini. Benar ini bukan ingin memuja akan tetapi hanya menjaga dan merawat kasepuhan terdahulu,” ungkapnya.

Senada, Sekmat Sindangkasih Irfan Hielmy juga turut mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis beserta seluruh jajaran dan kepada seluruh masyarakat yang telah hadir dalam momentum menjaga tradisi tahunan prosesi adat Merlawu di situs Kabuyutan Gandoang.

“Wilujeung sumping di Situs Kabuyutan Gandoang yang berlokasi di Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih, saya pribadi dan juga masyarakat mengucapkan banyak terimakasih atas kepemimpinan bupati selama menjabat sudah banyak pembangunan baik dari segi infrastruktur dan prestasi lainnya yang manfaatnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

Share This :