Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya lakukan peninjauan pembangunan Puskesmas baru yang berlokasi di Kecamatan Panjalu pada Kamis, 26/10/23.

Peninjauan tersebut dilakukan Bupati Herdiat selepas memberikan arahan pada agenda peningkatan kapasitas aparatur kecamatan dan desa Kabupaten Ciamis tahun 2023 yang dilaksanakan di Gor Desa Cibereum Kecamatan Sukamantri.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Herdiat melakukan peninjauan ke berbagai sudut-sudut pembangunan Puskesmas dengan didampingi Sekdin Kesehatan Kabupaten Ciamis Anton Wahyu.

Bupati Herdiat terlihat sangat memperhatikan dan memperhitungkan segala aspek keselamatan, estetika dan kenyamanan bangunan Puskesmas tersebut.

Hal tersebut terlihat dari beberapa kritik dan masukan dari Bupati Herdiat tentang beberapa tiang yang menurutnya terlalu rapat dan cukup banyak.

Menurutnya, hal tersebut malah terlihat menjadi kurang leluasa nantinya dalam segi pembagian sekat-sekat ruangan dan gerak aktivitas.

Selain itu bupati juga terpantau menanyakan terkait dengan benteng tembok yang mengelilingi seluruh bangunan Puskesmas tersebut sebagai perlindungan kemungkinan untuk antisipasi terjadinya pergeseran tanah longsor.

Menanggapi hal tersebut, Sekdin Kesehatan Kab. Ciamis Anton Wahyu dibantu dengan pekerja kontruksi yang berada di tempat tersebut mengkonfirmasi kaitan dengan banyaknya tiang dimaksud bahwa pembangunan tiang yang dianggap rapat tersebut kurang lebih adalah berjarak 3 meter per tiang.

“Ini memang standar jarak paling pendek yaitu 3 meter sampai dengan 4 meter, sengaja kami lakukan seperti itu karena mengingat medan atau tanah yang menjadi pijakan bangunan ini tanahnya terindikasi cukup lembek dan berada di lereng atau di atas jalan”.

“Selain itu juga kaitan dengan benteng tembok pengamanan area Puskesmas seluruhnya dipastikan dibangun dengan benteng yang kokoh, termasuk dengan lain-lain hal diantaranya pembuangan limbah kimia dan lainnya”, bebernya.

Mendengar penjelasan tersebut, Bupati Herdiat memberikan apresiasi dan berharap agar pengerjaanya dapat dirampungkan dengan cepat untuk pemenuhan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, ini juga view nya sangat bagus dengan adanya pemandangan alam sejauh mata memandang bahkan tidak hanya hamparan alam, pesawahan, bukit dan gunung-gunung”, Pungkasnya.

Share This :