Kabupaten Ciamis,- Akibat banyaknya torehan prestasi dari TP-PKK Kabupaten Ciamis yang telah menjuarai berbagai capaian, lomba inovasi di tingkat Provinsi bahkan di tingkat Nasional mengakibatkan banyaknya kunjungan dari Kabupaten dan Kota lain untuk melakukan Study Tiru ke TP-PKK Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut terbukti kembali, kali ini TP-PKK Kabupaten Ciamis menerima kunjungan Study Tiru Posyandu dari Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur.

Kedatangan rombongan dari Kab. Kutai Kartanegara tersebut diterima langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat yang juga dalam hal ini sekaligus menjabat sebagai Pembina Pokjanal Kabupaten Ciamis.

Penyambutan tersebut ditandai dengan pengalungan selendang batik khas ciamis oleh Pembina Pokjanal Kab. Ciamis Hj. Kania didampingi Kadis PMD Kab. Ciamis, Ape Ruswandana kepada Kadis PMD dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Arianto yang berlangsung di Sekretariat Pokjanal Kabupaten Ciamis pada Jum’at, 17/11/23.

Pembina Pokjanal Kabupaten Ciamis Hj. Kania dalam sambutannya pertama mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan studi tiru Posyandu dari Kabupaten Kutai Kartanegara di Kabupaten Ciamis.

Terang Hj. Kania, pokjanal Kabupaten Ciamis mempunyai Visi “Terwujudnya Posyandu yang mandiri melalui revitalisasi Posyandu berbasis pemberdayaan masyarakat untuk mendukung Visi Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024”.

“Kami juga mempunyai inovasi unggulan yaitu personal atau pembinaan kader bersama OPD Pokjanal dan Bindusadacil atau pembinaan Posyandu di daerah terpencil,” Katanya.

Lanjutnya, Hj. Kania menjelaskan keberhasilannya selama ini adalah berkat kerjasama pentahelix yang dibangun secara sinergis bersama seluruh OPD, stakeholder untuk dapat bersama-sama berperan aktif.

Sehubungan hal tersebut, Hj. Kania meyakini bahwa apabila seluruh OPD sebagai pembina terus mengawal Posyandu dan para kadernya untuk memunculkan inovasi dan kreativitasnya maka seluruh Posyandu di Kabupaten Ciamis bahkan di kabupaten kota lainnya dapat meningkat kinerja dan pelayanannya. Singkatnya

Sementara, disampaikan Kadis PMD Kab. Kutai Kartanegara, Arianto dalam kesempatannya menjelaskan tujuan kunjungannya ke TP-PKK Kabupaten Ciamis adalah untuk melakukan Study Tiru.

Menurut Arianto, sangat tepat kunjungannya dilakukan ke Kabupaten Ciamis guna melakukan study tiru sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pengelolaan Posyandu di Kabupaten Kutai Kartanegara. Katanya

“Ciamis ini luarbiasa sekali, APBD nya ternyata tidak lebih besar dari APBD Kabupaten Kutai, namun banyak sekali torehan prestasi dari Kabupaten Ciamis, ini bukti kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas yang diterapkan oleh Kabupaten Ciamis,” Ujarnya

Ya, momen ini harus kami manfaatkan betul sebagai pertimbangan teman-teman Dinas kami di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan penerapan kolaborasi pentahelix yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama seluruh OPD sehingga semua layanan menjadi semakin optimal. Sambungnya

Selanjutnya, Arianto juga mengakui bahwa pengelolaan Posyandu Kabupaten ditempatnya masih terdapat kekurangan ditambah dengan tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap kepedulian kesehatan, ibu hamil, ibu menyusui dan lansia yang jarang datang ke Posyandu. Bebernya

“Tidak salah kami datang ke sini untuk berkunjung berstudi tiru dan ini menjadi motivasi tersendiri ternyata Posyandu yang jauh di desa terpencil bisa menjadi Posyandu terbaik. Posyandu yang baik adalah bukan perihal bangunannya saja akan tetapi bagaimana pengelolaan yang dilakukan di Kabupaten Ciamis ini sangatlah optimal. Itulah mengapa kami sangat bangga bisa melakukan Studi Tiru di sini melihat keberhasilan teman-teman Kabupaten Ciamis khususnya bagaimana membentuk, menjalankan program yang terkolaborasi dengan semua SKPD sehingga semuanya terlibat dengan konsep pentahelix”. Tandasnya

 

Acara dilanjutkan dengan peninjauan bersama ke Posyandu Giriharja yang berada di Kecamatan Rancah.

Share This :