KABUPATEN CIAMIS (Jum’at, 17 November 2023)

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri peringatan hari kesehatan Nasional ke-59 di Aula Gedung slamic Center Kabupaten Ciamis.

Dengan mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” kegiatan ini dimanfaatkan juga dalam agenda kebersamaan para Nakes untuk melakukan senam bersama.

Dalam laporan acara peringatan hari kesehatan Nasional tingkat Kabupaten Ciamis Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis H. Yoyo melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang artinya kesehatan dan sebagai bukti konkrit dukungan untuk menciptakan lingkungan hidup sehat.

Sementara itu dalam sambutan acara peringatan hari kesehatan Bupati Ciamis mengatakan kesehatan merupakan hal penting yang merupakan pelayanan dasar yang harus diberikan semaksimal mungkin kepada masyarakat.

Bupati menjelaskan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati dan pemahaman ini harus senantiasa disosialisasikan kepada masyarakat, khususnya saat ini terkait stunting yang mana di tahun 2024 kita dituntut untuk new zero stunting.

“Intervensi pemerintah sangat penting terutama dalam penanganan masalah stunting, AIDS, Tubercolusis dan Malaria yang saat ini menjadi perhatian penting Pemerintah,” ungkap Bupati Herdiat

“Penyakit yang tidak kalah bahayanya daripada Covid-19 adalah TBC yang harus dicegah penyebarannya karena dapat menyebabkan kematian pada segala umur,” lanjut Bupati Herdiat

Bupati Herdiat mengatakan musim penghujan saat ini sudah mulai turun dan saya meminta kepada para Nakes untuk menghimbau dan mengingatkan masyarakat terkait perkembangan nyamuk DBD maupun malaria yang biasanya berkembangbiak di musim penghujan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan genangan air yang berpotensi menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk,” terang Bupati Herdiat

Bupati Herdiat juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada para Nakes yang telah berjuang di masa sulit pada saat masa pandemi Covid-19, para nakes telah berjuang begitu hebatnya dalam mengatasi pandemi tersebut hingga saat ini pandemi telah berakhir dan Kabupaten Ciamis dapat melaluinya dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan dan desikasi bapak/ibu yang telah berjuang dengan desikasi penuh mengabdi melayani masyarakat di saat pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis,” ucap Bupati Herdiat

Bupati Herdiat juga mengajak kepada para Nakes yang hadir di peringatan hari kesehatan Nasional Ke-59 untuk mendoakan 5 orang tenaga Nakes yang meninggal saat menangani Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

Share This :