Kabupaten Ciamis,- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Ciamis menerima kunjungan studi kaji dari TP-PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi kaji program GELARI PELANGI dan Iva Test yang menjadi salahsatu andalan dari inovasi di Kabupaten Ciamis melalui TP-PKK Kabupaten Ciamis dan telah sering memenangkan prestasi kejuaraan perlombaan dari tingkat Provinsi bahkan di tingkat Nasional.

Rombongan dari TP-PKK Kabupaten OKU tersebut pertama diterima langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat didampingi bersama jajarannya serta Sekda Kabupaten Ciamis H. Tatang dan beberapa Kepala OPD terkait lingkup Kabupaten Ciamis di Gedung Aula TP-PKK Kabupaten Ciamis. Kamis. 30/11/23.

Kajian studi tiru GELARI PELANGI dan Iva Test ini terbagi di dua lokasi kunjungan, diantaranya yaitu Desa Sukamulya Kecamatan Baregbeg, serta peninjauan ke Kampung Nila Desa Kawali Kecamatan Kawali.

 

Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Hj. Kania menyambut hangat rombongan TP-PKK OKU dan menyampaikan apresiasi atas upaya bersama dalam meningkatkan kualitas program-program pemberdayaan keluarga.

“Kami senang dan bangga dapat berbagi pengalaman dan belajar dari inovasi yang telah diterapkan baik di Kabupaten Ciamis maupun di Kabupaten Ogan Komering Ulu itu sendiri”.

“Terimakasih atas kepercayaannya karena sudah melakukan studi tiru di Kabupaten Ciamis, tentu ini menjadi suatu kehormatan dan kebanggan bagi kami. Semoga kolaborasi ini dapat memberikan inspirasi bagi kedua belah pihak untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Hj. Kania

Sementara itu, PJ Ketua TP-PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Hj. Zwesti Karenia Teddy dalam sambutannya menjelaskan bahwa masyarakatnya sebagian besar bermata pencaharian bertani karet. Katanya

Hj. Zwesti mengatakan tujuan kedatangannya adalah untuk mencari dan menggali informasi dari berbagai strategi atau pola keberhasilan yang dilakukan TP-PKK Kabupaten Ciamis untuk kemudian dipelajari atau di modif dan kemudian dapat di implementasikan di Kabupaten OKU itu sendiri.

Menurutnya TP-PKK Kabupaten Ciamis ini Tim Penggerak PKK nya sukses dengan Gelari Pelanginya dan sukses dengan Iva Test nya sehingga mendapatkan predikat terbaik di tingkat Provinsi bahkan di tingkat Nasional. Jelasnya

“Semoga kami bisa mengadopsi dan membawanya ke kabupaten kami, kami ingin belajar dan ingin bisa seperti kabupaten ciamis dan dapat maju bersama-sama. Selain itu juga diharapkan silaturahmi ini dapat terjaga serta harapannya semoga Kabupaten Ciamis juga bisa berkunjung ke Kabupaten Ogan Komering Ulu”, Harapnya

Selama kunjungan, rombongan TP-PKK OKU melakukan studi kaji secara intensif di dua lokasi tersebut, bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait implementasi program GELARI PELANGI dan Iva Test. Pihak TP-PKK Kabupaten Ciamis juga mengajak rombongan untuk meninjau kampung Nila di Desa Kawali, guna memahami lebih lanjut tentang berbagai program yang telah berhasil diimplementasikan di sana.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara TP-PKK Kabupaten Ciamis dan TP-PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Share This :