Kabupaten Ciamis,- Peringatan Isra Miraj, peristiwa penting dalam sejarah Islam, diselenggarakan dengan khidmat tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Aula Sekretariat Daerah, Rabu (07/02/2024).

Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan umat Islam khususnya para ASN serta mengambil hikmah dan pelajaran dari perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr H Tatang MPd dalam sambutannya mengingatkan kita tentang salah satu hikmah penting dari peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yaitu perintah melaksanakan shalat.

“Shalat, sebagai pondasi agama, mengajarkan kita untuk memulai dengan takbir sebagai ungkapan pengakuan atas kebesaran Allah, kemudian dilanjutkan dengan pasrah, taat, dan tunduk kepada-Nya. Pesan ini tercermin dalam gerakan pembuka salat dengan mengangkat kedua tangan ke atas, ” Ucapnya.

Salat juga mengajarkan pentingnya berinteraksi sosial melalui salam pada Tasyahud akhir, yang mengajarkan kita untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan sesama manusia. Dua makna ini mengilhami karakter kesalehan individual dan keselarasan sosial yang harus dimiliki dalam menjalani kehidupan.

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), perintah salat juga mengajarkan nilai-nilai disiplin dan empati. Mereka diajak untuk memupuk sikap disiplin dalam menjalankan kewajiban salat, sekaligus berbagi kepada sesama yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian dan empati.

Sekda mengatakan sebagai bagian dari pemerintah, ASN di Kabupaten Ciamis terus berupaya mendukung program-program sosial dan keagamaan, termasuk membantu masyarakat miskin dan korban bencana alam.

Langkah ini merupakan upaya nyata untuk meringankan beban mereka dan memperkuat rasa persaudaraan di masyarakat.

“Dalam menyambut peringatan Isra Mi’raj, mari kita manfaatkan momentum ini untuk meningkatkan pengamalan ajaran Islam secara menyeluruh, dengan harapan menciptakan masa depan yang lebih sejahtera bagi semua,” Ucap Sekda.

Peringatan Isra Miraj tingkat Kabupaten Ciamis tersebut dihadiri oleh para kepala OPD, Ketua MUI, Camat dan pemangku kepentingan lainnya. Acara ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi umat Islam dalam menjalankan ajaran agama Islam secara kaffah dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Share This :