Ciamis, 16 Februari 2024.

Awal Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Ciamis meraih Penghargaan Indeks Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai bentuk apresiasi terhadap Instansi Pemerintah yang memiliki komitmen meningkatkan kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi di instansi pemerintah dengan kategori Baik dan Sangat Baik.

Penghargaan diterima oleh Asisten Administasi Umum Setda Kabupaten Ciamis, Drs.H. Dondon Rudiana, M.Si yang hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Ciamis, bertempat di Aula Gedung Sate Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Jumat tanggal 16 Februari 2024.

Dalam rangka pengawasan pengisian jabatan pimpinan tinggi KASN melakukan penilaian kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi dilakukan atas 5 dimensi dari persiapan, pelaksanaan, pelaporan, inovasi manajemen dan pelanggaran pengisian JPT. Pada tahun 2023 KASN melakukan penilaian atas instansi pemerintah yang melakukan pengisian JPT di tahun 2023, baik secara seleksi terbuka maupun uji kompetensi.

Ciamis masuk dalam Cluster 2 bersama 22 Instansi Pemerintah lain yang mendapatkan penghargaan dengan kategori penilaian sistem merit baik dan mendapatkan nilai indeks kualitas pengisian Jabatan Pimpinan Tingginya baik pada Tahun 2023.

Pada sambutannya Komisioner KASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 2 Prof Agustinus Patem MT menjelaskan bahwa seiring terbitnya Undang-Undang Nomor 20 tahun 20023, pengisian jabatan pimpinan tinggi ke depan didorong dilaksanakan dengan metode manajemen talenta, mobilitas talenta dapat dilakukan dalam satu instansi pemerintah antar instansi pemerintah atau ke luar instansi pemerintah. Dengan metode baru tersebut pengisian jabatan pimpinan tinggi ke depan, masih banyak tantangan. Faktanya sampai dengan akhir 2023 baru ada 17 instansi pemerintah yang manajemen talentanya sudah siap dan sesuai dengan ketentuan.

Dalam rangka memacu peningkatan kualitas pelaksanaan pengisian jabatan tinggi dilaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan pengisian JPT.

Kepala BKPSDM menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam pelaksanaan tugas, tentunya tanpa arahan serta komitmen pimpinan, profesionalitas Pansel, pengawasan KASN, Tim Assesor dan Lembaga Assesmen Center sehingga kualitas pelaksanaan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di Kabupaten Ciamis menjadi baik. Penghargaan ini menjadi motivasi, amanah serta tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk terus berkolaborasi dalam peningkatan nilai sistem merit. Kami sadari penerapan sistem merit di Pemerintah Kabupaten Ciamis masih belum maksimal, namun penghargaan ini merupakan motivasi, amanah serta tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk terus berkolaborasi dalam peningkatan nilai sistem merit. Hasil penilaian tersebut diharapkan tidak hanya menjadi pencapaian di atas kertas. namun, lebih dari itu yaitu penerapan sistem merit benar-benar dapat diimplementasikan secara nyata pada organisasi dan pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis, sehingga
berimplikasi terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik kearah lebih baik.

Share This :